Syuja, Achya Aby (2023) Strategi Humas Dalam Meningkatkan Pemasaran SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932407619_bab1.pdf Download (316kB) |
|
Text
932407619_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932407619_bab2.pdf Download (303kB) |
|
Text
932407619_bab3.pdf Download (229kB) |
|
Text
932407619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text
932407619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
932407619_bab6.pdf Download (80kB) |
|
Text
932407619_daftarpustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
932407619_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
Text
932407619_lembar pernyataan perpus.pdf Download (119kB) |
Abstract
Hubungan masyarakat (Humas) dapat dipahami sebagai komunikasi antara organisasi dan masyarakat. Komunikasi sendiri sangat erat kaitanya dengan pesan yang akan disampaikan. Humas sangat penting diterapkan pada pendidikan karena humas merupakan suatu kegiatan yang sangat diperlukan di sekolah atau lembaga pendidikan sebagai sarana yang resmi untuk dapat berhubungan dengan masyarakat luas serta menunjukkan kepada masyarakat mengenai kegiatan yang sudah terlaksana maupun apa yang telah dikerjakan. Pemasaran adalah salah satu kegiatan untuk menjalin komunikasi kepada masyarakat dengan cara mengenalkan sekolah dengan menggunakan strategi tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari kepala sekolah, waka humas dan waka kesiswaan, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat menyimpulkan: (1) penyusunan strategi atau perencanaan, dimana dalam penyusunan strategi pemasaran di SMK Al Huda Kota Kediri tiga strategi, yakni strategi pemasaran offline, strategi pemasaran online, dan branding sekolah. (2) Dalam proses pengorganisasian pemasaran juga banyak melibatkan banyak orang dengan membentuk tim khusus dari diluar tim PPDB yaitu tim publikasi yang memiliki tugas untuk memasang banner atau menyebar pamflet dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat atau sekolah-sekolah serta melakukan promosi di media sosial. (3) pelaksaan pemasaran jasa dibidang pendidikan, humas yang berada di SMK Al-Huda menggunakan berbagai strategi pemasaran yaitu seperti seperti pemasaran secara online yang menyebarkan brosur, foto, atau video yang dapat menarik calon peserta didik melalui media sosial seperti youtube, tiktok, instagram, whatsapp, facebook, dan media soaial lainnya. (4) Dalam pengawasan pemasaran di SMK Al Huda Kota Kediri menggunakan metode evaluasi, dimana di dalamnya ada tiga hal yakni, waktu evaluasi, pengevaluasi strategi pemasaran, dan tolak ukur evaluasi. Kata Kunci: Manajemen Humas, Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Achya Aby Syuja |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:49 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8916 |
Actions (login required)
View Item |