Wulansari, Rizky (2023) Implementasi Metode Qiraati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Thoriqul Huda Desa Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117519_prabab.pdf Download (942kB) |
|
Text
932117519_bab1.pdf Download (298kB) |
|
Text
932117519_bab2.pdf Download (323kB) |
|
Text
932117519_bab3.pdf Download (142kB) |
|
Text
932117519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
932117519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
932117519_bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
932117519_daftarpustaka.pdf Download (194kB) |
|
Text
932117519_suratpernyataan.pdf Download (421kB) |
Abstract
Hasil dari penelitian ini: (1) implementasi metode Qiraati di TPQ Thoriqul Huda terdapat 12 jenjang kelas yang masing-masing memiki peraga, implementasi metode Qiraati di TPQ Thoriqul Huda memiliki alokasi waktu dalam pembelajarannya, santri yang telah selesai mengaji di kelas tajwid masuk ke dalam kelas finishing, dan metode Qiraati memiliki kriteria membaca M3 (Mangap, Meringis, Mecucu). (2) Keunggulan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an di TPQ Thoriqul Huda yaitu: Santri TPQ Thoriqul Huda merasakan kemudahan dalam memahami pembelajaran al-Qur’an, santri TPQ Thoriqul Huda menggunakan indera penglihatan dan indera pendengaran selama berlangsungnya pembelajaran al-Qur’an, materi yang disampaikan menggunakan bahasa yang mudah diterima, dan materi yang disampaikan dari yang termudah hingga tersulit. Kelemahannya yaitu: santri TPQ Thoriqul Huda kurang menguasai huruf hijaiyah secara urut dan lengkap, santri TPQ Thoriqul Huda tidak bisa membaca dengan mengeja, pengajar harus bersyahadah (memiliki sertifikat mengajar) dan santri yang sering bolos atau tidak aktif akan tertinggal dengan temannya. (3) Hasil implementasi metode Qiraati yakni: beberapa santri mendapatkan juara perlombaan mewakili sekolah, bacaan santri bagus, santri bisa menerapkan M3 dengan percaya diri, santri yang awal membacanya masih lambat kemudian santri bisa membaca dengan cepat dan tepat, beberapa santri yang lulus melanjutkan mengajinya ke kelas tahfidz.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizky Wulansari |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 07:34 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8908 |
Actions (login required)
View Item |