Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen belikopi Jalan Hayam Wuruk, Nomor 80, Kota Kediri)

Ma'ruf, M Afif (2022) Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen belikopi Jalan Hayam Wuruk, Nomor 80, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931355315_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931355315_bab1.pdf

Download (705kB)
[img] Text
931355315_bab2.pdf

Download (499kB)
[img] Text
931355315_bab3.pdf

Download (464kB)
[img] Text
931355315_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
931355315_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
931355315_bab6.pdf

Download (172kB)
[img] Text
931355315_daftarpustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
931355315_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (282kB)

Abstract

Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkhususan pada jasa dan produk internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring, misinya yaitu mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang. Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Hingga bulan Juli 2022, aplikasi gojek sudah diunduh sebanyak 100 juta kali lebih di google playstore. Gojek telah tersedia di 50 kota besar di Indonesia termasuk di Kediri, salah satu layanan yang menjadi andalan dari gojek yaitu Gofood (pesan antar makanan), sudah ratusan pengusaha makanan di Kediri yang kerjasama dengan gojek, salah satunya yaitu belikopi yang sudah hampir 2 tahun kerjasama dengan gojek, dimana itu sangat membantu sekali dalam promosi sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan. Berdasarkan ulasan dan rating di google, aplikasi gojek dan dari data jumlah kunjungan tiap bulan, belikopi merupakan coffee shop yang paling banyak dikunjungi di jalan Hayam wuruk karena menyediakan tempat yang nyaman, santai, full wifi, pelayanan yang ramah, desain interior yang khas, menu-menu yang unik yang beberapa tidak ditemukan di tempat lain, serta harga yang relatif murah dibandingkan dengan yang lain yang akhirnya itu semua membentuk sebuah persepsi yang menyebabkan orang-orang melakukan keputusan pemebelian di belikopi. Peneliti menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua konsumen belikopi yang telah melakukan pembelian di belikopi, dengan pengambilan sampel random, menggunakan teori Durbin Watson yaitu sebanyak 349 responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket/kuisioner. Kemudian dilakukan analisa data berupa statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel faktor persepsi (X) termasuk kategori cukup baik, diperoleh dari 349 responden diperoleh skor minimum variabel (X) adalah 30 dan skor maximum adalah 54. Diketahui nilai mean 42,05 setara nilai mediannya 43 dengan nilai total 14675. Nilai skewenessnya adalah 0,024 dan nilai kurtosisnya -0,999. Variabel keputusan pembelian diperoleh hasil dari 349 responden diperoleh skor minimum variabel (Y) adalah 24 dan skor maximum adalah 45. Diketahui nilai mean 39,93 stara nilai mediannya 42 dengan nilai total 13934. Nilai skewenessnya adalah -0,981 dan nilai kurtosisnya 0,312. Hubungan persepsi terhadap keputusan pembelian pada konsumen belikopi Kediri yaitu Diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 17,173> t tabel 1,967, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel X terhadap Y. hubungan (korelasi) antara varabel bebas persepsi dengan variabel terikat yaitu keputusan pembelian, ditunjukkan oleh besarnya Multiple R yaitu 0,459 atau 45,9%. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran persepsi mampu mempengaruhi keputusan memilih sebesar 45,9%, sedangkan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory (Kalkulus Variasi, Teori Sistem dan Teori Kontrol)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: M Afif Ma'ruf
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:33
Last Modified: 05 Jul 2023 03:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8891

Actions (login required)

View Item View Item