Darmawan, Moch. Handy (2022) Perilaku Pedagang Handphone Bekas Pasar Rombengan Malam (Roma) Kota Malang Dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931341315_prabab.pdf Download (356kB) |
|
Text
931341315_bab1.pdf Download (218kB) |
|
Text
931341315_bab2.pdf Download (561kB) |
|
Text
931341315_bab3.pdf Download (109kB) |
|
Text
931341315_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text
931341315_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
931341315_bab6.pdf Download (32kB) |
|
Text
931341315_daftar_pustaka.pdf Download (133kB) |
|
Text
931341315_sp.pdf Download (370kB) |
Abstract
Mochammad. Handy Darmawan, Dosen pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin MHI. dan Achmad Munif, SE, MM. Perilaku Pedagang Handphone Pasar Rombengan Malam (ROMA) Kota Malang dalam meningkatkan pendapatan ditinjau dari Bisnis Islam. 2022. Kata kunci : Perilaku Pedagang, Pasar Pasar di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat baik. Salah satu pasar yang mengalami perkembangan yang baik adalah pasar rombeng atau disebut pasar barang bekas. Khususnya di Jawa, pasar rombeng berkembang pesat dari tahun ke tahun. Seperti halnya di kota Malang, disana disebutnya Pasar ROMA alias pasar rombengan malam. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perilaku pedagang pasar rombengan malam (ROMA) Kota Malang? 2) Bagaimana pandangan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang pasar rombengan malam (ROMA) Kota Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di lapangan dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan, untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Jodipan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur Dalam penelitian ini diperoleh temuan penelitian yaitu : 1) Hampir semua aspek menunjukan perilaku pedagang yang sesuai dengan teori perilaku perdagangan, hanya pada aspek kualitas barang dan produk, pembeli harus benar-benar teliti dalam membeli barang di pedagang, khususnya untuk yang bertransaksi handphone bekas, karena tidak sedikit barang ya memiliki kekurangan. 2) Lima aspek itu ialah sukarela, berperilaku jujur, amanah, berlaku adil dalam berbisnis, berjanji. Kelimanya sudah ditemukan pada pedagang, dari transaksi yang dilakukan secara terbuka dan saling rela. Pedagang menjelaskan terkait kelengkapan dan spesifikasi dagangannya. Hanya untuk aspek berjanji, pembeli dan penjual harus melakukan perjanjian bersama, karena tidak ada garansi yang selalu diberikan oleh penjual.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Moch Handy Darmawan |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 09:00 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8843 |
Actions (login required)
View Item |