Yuliantoko, Irfan (2015) Konstruksi Pesan Dalam Minuman Coca-Cola Edisi Ramadhan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933500810-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933500810-bab1.pdf Download (259kB) |
|
Text
933500810-bab2.pdf Download (324kB) |
|
Text
933500810-bab3.pdf Download (63kB) |
|
Text
933500810-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933500810-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
933500810-bab6.pdf Download (94kB) |
|
Text
933500810-DAFTARPUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
933500810-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Munculnya beranekaragam iklan di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis, khususnya pada yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan PT. Coca-Cola Edisi Ramadhan 2014. Kreativitas media iklan dalam menyajikan pesan dan produk sekaligus dalam satu paket. Hal ini terlihat dalam iklan PT. Coca-Cola Edisi Ramadhan di mana perusahaan ingin memberikan suatu pesan positif kepada khalayak. Pesan yang disampaikan dalam sebuah iklan dapat berbentuk pesan verbal dan nonverbal. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana konstruksi pesan yang terdapat pada iklan Coca-Cola Edisi Ramadhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Dokumentasi. Metode dokumentasi yaitu mengumpulkan dokumen dan data-data yang diperlukan dalam permasalahan penelitian lalu ditelaah secara intens sehingga dapat mendukung dan menambah kepercayaan dan pembuktian suatu kejadian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis Framing. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan televisi PT. Coca-Cola Edisi Ramadhan dan beberapa adegan yang di lakukan oleh para pemeran iklan untuk membentuk sebuah pesan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Peter L. Berger yang menjadi pencetus teori konstruksi. Dalam teori ini, Peter L.Berger berpendapat bahwa ada tiga tahapan peristiwa konstruksi yaitu Eksternalisasi, Internalisasi, dan Objektivasi. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa iklan Coca-Cola pada edisi Ramadhan pada tahun 2014 yang disimpulkan penulis bahwa dengan menjalin tali silaturrahim yang baik akan memperoleh sebuah kebahagiaan dan menciptakan keharmonisan dengan keluarga, hal ini juga dapat membuat mempertebal iman kepada Allah pada bulan Ramadhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 07:44 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 07:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |