Anna, Badi'u Nuril Huda (2022) Strategi Bauran Pemasaran dalam Mempertahankan Usaha di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Permen Tape UD Sinar Jaya Desa Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931319318_PraBab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931319318_Bab1.pdf Download (433kB) |
|
Text
931319318_Bab2.pdf Download (424kB) |
|
Text
931319318_Bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
931319318_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
931319318_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text
931319318_Bab6.pdf Download (88kB) |
|
Text
931319318_DaftarPustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
931319318_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
931319318_SuratPernyataan.pdf Download (124kB) |
Abstract
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Mempertahankan Usaha, Marketing Syariah. Terjadinya fenomena pandemi covid-19 yang memberikan dampak pada perekonomian dunia membuat para pengusaha berusaha untuk mempertahankan usahanya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempertahankan suatu usaha agar tidak gulung tikar yaitu dengan merubah strategi pemasaran yang tepat sehingga membuat usaha yang dijalankan tetap bertahan. Berhasil atau tidaknya sebuah usaha bergantung pada strategi pemasaran yang telah diimplementasikan pada usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi bauran pemasaran permen tape UD Sinar Jaya dalam mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19 dan menganalisa marketing syariah yang dijalankan permen tape UD Sinar Jaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus field research dengan metode deskriptif analysis yang dianalisis dengan marketing syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang ada dalam penelitian ini adalah manajer pemasaran, customer dan karyawan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data Primer diperoleh peneliti dari manajer pemasaran dan sumber data sekunder diperoleh peneliti dari data bukti berupa dokumen, catatan dan laporan terkait penelitian. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dimana narasumbernya adalah manajer pemasaran UD Sinar Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan UD Sinar Jaya di masa pandemi Covid-19 yaitu bauran pemasaran 7P. Strategi ini digunakan untuk menentukan sasaran konsumen yang tepat dengan produk yang dijual. Strategi bauran pemasaran 7P digunakan oleh permen tape UD Sinar Jaya untuk meningkatkan jumlah penjualan agar usaha dapat bertahan walau saat pandemi Covid-19 terjadi. Upaya UD Sinar Jaya dalam mempertahankan usaha di masa Pandemi Covid-19 yaitu menjaga kepercayaan relasi bisnisnya dan mencari mitra kerja baru, menambah item kemasan dan harga baru, dan memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen. Strategi bauran pemasaran yang digunakan juga menggunakan karakteristik marketing syariah dimana di dalamnya tidak ada unsur penipuan ataupun ketidak adilan yang dapat merugikan pihak lain. Dengan menerapkan marketing syariah pada pemasaran produk, permen tape UD Sinar Jaya ini menjadi pusat jual beli permen tape yang unggul dan terpercaya di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Badi'u Nuril Huda Anna |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 04:47 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 04:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
View Item |