Pengembangan instrumen tes berbasis HOTS materi bilangan bulat dan pecahan pada pembelajaran matematika kelas VII

Dewi, Amelia Kharisma (2023) Pengembangan instrumen tes berbasis HOTS materi bilangan bulat dan pecahan pada pembelajaran matematika kelas VII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307318_prabab.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932307318_bab1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932307318_bab2.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932307318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
932307318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
932307318_bab5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Amelia SPU.pdf

Download (314kB)

Abstract

AMELIA KHARISMA DEWI, Dosen Pembimbing EKA SULISTYAWATI, M.Pd dan Dr. NOER HIDAYAH, M.Si., Pengembangan Instrumen Tes Berbasis HOTS Materi Bilangan Bulat dan Pecahan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Instrumen Tes, HOTS, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi berbasis HOTS materi bilangan bulat dan pecahan pada pembelajaran matematika kelas VII yang valid dan reliabel. Jenis Penelitian dan pengembangan ini adalah research and development dengan menggunakan model plomp yang meliputi 5 tahap pengembangan yakni: tahap pengkajian awal, tahap perancangan, tahap realisasi/ konstruksi, tahap tes, evaluasi dan revisi, dan tahap implementasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan soal berbasis HOTS. Untuk menentukan kevalidan instrumen pada penelitian ini menggunakan aiken v sedangkan untuk menentukan reliabilitasnya menggunakan K-R 20 Hasil penelitian ini menunjukkan dari 10 butir soal ada 15 aspek yang dinilai untuk mengetahui kevalidan. Pada semua butir soal ada aspek yang tidak valid. Pada soal 1 aspek 3, 6, 7, 8, 9, 10, 12 tidak valid. Pada soal 2 aspek 2, 4, 6, 8, 9 tidak valid. Pada soal 3 aspek 7 tidak valid. Pada soal 4 aspek 7, 9, 10 tidak valid. Pada soal 5 aspek 1, 4, 6, 7, 8, 9 tidak valid. Pada soal 6 apek 1, 8, 10 tidak valid. Pada soal 7 aspek 7 tidak valid. Pada soal 8 aspek 6 dan 7 tidak valid. Pada soal 9 aspek 1, 6, 7, 8, 9, 10 tidak valid. Pada soal 10 aspek 9 dan 10 tidak valid. Aspek yang tidak valid direvisi sesuai dengan aspek penilaian. Dari uji reliabilitas instrumen dinyatakan reliabel dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,428428428dengan kriteria reliabilitas cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Amelia Kharisma Dewi
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:33
Last Modified: 15 Jun 2023 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8660

Actions (login required)

View Item View Item