Analisis Buku Bahasa Arab Kelas VII MTs (KMA 183) Menurut Teori Nashir Abdullah Al-Ghali

Miftahurrohmah, Farah (2023) Analisis Buku Bahasa Arab Kelas VII MTs (KMA 183) Menurut Teori Nashir Abdullah Al-Ghali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932504419_PRABAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932504419_BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932504419_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932504419_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
932504419_BAB 4.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932504419_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932504419_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932504419_Surat Pernyataan.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK FARAH MIFTAHURROHMAH, Pembimbing Pertama, Dr.Yuyun Zunairoh, M.Pd. Pembimbing Kedua, Ratna Saidah, M.Ag. Analisis Buku Bahasa Arab Kelas VII MTs (KMA 183) Menurut Teori Abdullah Al-Ghali. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Buku Bahasa Arab Kelas VII Mts (KMA 183), Teori Nashir Abdullah Al Ghali Buku ajar dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena meski bagaimanapun kemajuan teknologi serta media, buku tetap menjadi bagian terpenting dalam proses belajar mengajar. Buku Bahasa Arab MTs kelas VII merupakan buku yang disusun dan diterbitkan oleh kemenag dengan tujuan mengimplementasikan KMA Nomor 183 tahun 2019 dan digunakan sebagai buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana isi buku ajar bahasa Arab kelas VII yang diterbitkan oleh kemenag. 2) Bagaimana kesesuaian buku ajar bahasa arab kelas VII terbitan kemenag kelas VII dengan asas penyususunan buku ajar menurut teori Nashir Abdullah Al-Ghali Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan library research (penelitian pustaka) yang meneliti bahan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Buku bahasa arab ini merupakan buku pegangan untuk siswa kelas VII yang terdiri dari enam dars dan digunakan dalam dua semeter, dalam setiap dars terkandung materi seputar maharah yakni mufrodat, qiro’ah, khiwar, tarkib, istima dan kitabah. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan tadribat lughowiyah dan tamrinat umum di akhir semester. 2) Buku bahasa arab kelas VII yang diterbitkan oleh kemenag ini telah memenuhi standar buku ajar yang baik menurut nashir Abdullah al-gali dalam segi budaya, psikologi, pendidikan dan asas bahasa. Namun masih ada beberapa unsur yang tidak ada yakni dua poin pada aspek psikologi yaitu menyusun buku khusus bagi siswa dengan kemampuan diatas rata-rata, dan buku lain untuk kemampuan sedang dan lemah. Dan pada poin mempertimbangkan "saling keterlengkapan" antara buku wajib dan buku penunjang lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farah Miftahurrohmah
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:08
Last Modified: 14 Jun 2023 08:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item