Perlindungan Konsumen Pada Jual Beli Barang Obral Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Toko Deristashop88 Kediri)

Idris, Mufidah (2023) Perlindungan Konsumen Pada Jual Beli Barang Obral Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Toko Deristashop88 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931206619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931206619_Bab 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
931206619_Bab 2.pdf

Download (666kB)
[img] Text
931206619_Bab 3.pdf

Download (272kB)
[img] Text
931206619_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
931206619_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
931206619_Bab 6.pdf

Download (120kB)
[img] Text
931206619_Daftar pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text
931206619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (182kB)

Abstract

MUFIDAH IDRIS, Dosen Pembimbing (1) H. Qomarus Zaman, Lc., M.Pd.I dan Dosen Pembimbing (2) Sheyla Nichlatus Sovia, Lc.,M.Ag., Perlindungan Konsumen Pada Jual Beli Barang Obral dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Toko Deristashop88 Kediri), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, obral, cacat tersembunyi Dalam hal ini penulis melakukan penelitian yang berfokus pada bagaimana perlindungan dan tanggungjawab pelaku usaha terhadap konsumen yang membeli barang obral di suatu toko yang mana barang tersebut mengalami kacacatan produk. Disini penulis merumuskan masalah bagaimana praktik jual beli barang obral di toko tersebut dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap adanya kejadian tersebut. Dalam penelitian ini menggunkana metode deskriptif kualitatif atau penelitian langsung di lapangan yaitu di toko Deristashop88 Kediri, sumber data yang digunakan yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang didapatkan akan dianalisis lalu selanjutnya dipaparkan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu Praktik jual beli barang obral di toko Deristashop88 Kediri ini dilakukan dengan cara offline yaitu konsumen datang langsung ke toko dan melihat serta memilih pakaian obral yang telah di pajang sebagai contoh. Apabil konsumen memutuskan untuk membeli, konsumen akan diberikan barang yang kondisinya masih dalam bentuk tersegel dan untuk pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ataupun cash/tunai. Di toko Deristashop88 ini tidak menunjukkan adanya perlindungan dan tanggungjawab yang diberikan oleh pelaku usaha terhadap konsumen atas penjualan barang obral yang konsumen dapatkan. Dalam ketentuan jual beli barang obral menurut hukum islam di toko Deristashop88 ini belum memenuhi syarat jual beli Ma’qud alaih yaitu barang yang dijadikan akad jual beli harus jelas bentuknya. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk upaya perlindungan konsumen dalam jual beli barang obral di Toko Deristashop88 tidak sesuai dengan hukum Islam karena para pedagang tidak memberikan hak khiyar berupa khiyar syarath dan khiyar aib, serta tidak menjelaskan kualitas barang saat melakukan transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180104 Civil Law and Procedure (Hukum Acara Perdata)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mufidah Idris
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:35
Last Modified: 14 Jun 2023 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item