Hubungan Academic Self-Concept Dan Academic Self-Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Nganjuk

Jannah, Luluk Il (2023) Hubungan Academic Self-Concept Dan Academic Self-Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933404218_prabab.pdf

Download (493kB)
[img] Text
933404218_bab1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
933404218_bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
933404218_bab3.pdf

Download (465kB)
[img] Text
933404218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
933404218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
933404218_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
933404218_daftarpustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Jannah, Luluk Il. 2022. Hubungan Academic Self-Concept Dan Academic Self-Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Nganjuk. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. Rini Risnawita Suminta, M.Si dan (2) Drs. Moh. Irfan Burhani, M. Psi. Kata Kunci: Academic Self-Concept, Academic Self-Efficacy, Motivasi Berprestasi Problematika dalam sektor pendidikan yang saat ini terjadi yaitu rendahnya kualitas belajar siswa. Motivasi berprestasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi aspek-aspek belajar serta pembelajaran. Data lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas X MAN 1 Nganjuk memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Secara teoritis motivasi berprestasi dipengaruhi oleh academic self-concept dan academic self-efficacy yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertajuk “Hubungan Academic Self-Concept Dan Academic Self-Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Nganjuk”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) seberapa besar hubungan antara academic self-concept dengan motivasi berprestasi siswa kelas X MAN 1 Nganjuk, 2) seberapa besar hubungan antara academic self-efficacy dengan motivasi berprestasi siswa kelas X MAN 1 Nganjuk, 3) seberapa besar hubungan antara academic self-concept dan academic self-efficacy dengan motivasi berprestasi siswa kelas X MAN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi siswa kelas X MAN 1 Nganjuk sebanyak 298 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampelnya yaitu 165 siswa. Instrument penelitian menggunakan skala likert yang disusun berdasarkan teori para ahli, motivasi berprestasi menggunakan teori Mc Clelland, academic self-concept menggunakan teori Calhoun dan Accocella, sedangkan academic self-efficacy menggunakan teori Bandura. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara academic self-concept dengan motivasi berprestasi, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,688 > 0,152 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien hubungan academic self-concept terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,688 atau 68,8%. 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara academic self-efficacy dengan motivasi berprestasi, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,701 > 0,152 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Koefisien hubungan academic self- efficacy terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,701 atau 70,1%. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara academic self-concept dan academic self-efficacy dengan motivasi berprestasi, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,570 > 0.152 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien hubungan variabel academic self-concept dan academic self-efficacy terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,570 atau 57,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Luluk Il Jannah
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:54
Last Modified: 13 Jun 2023 08:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item