Peran Sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada CV. Bolu Ketan Mendut Sidoarjo)

Hidayati, Nur (2022) Peran Sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada CV. Bolu Ketan Mendut Sidoarjo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931319118_PRA BAB.pdf

Download (752kB)
[img] Text
931319118_BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931319118_BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
931319118_BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
931319118_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
931319118_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
931319118_BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
931319118_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
931319118_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931319118_Surat Pernyataan.pdf

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hidayati, Dosen Pembimbing Dr. H. Jamaluddin A. Khalik, Lc, MA., dan Sri Hariyanti, SHI, MM Judul skripsi “Peran Sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada CV. Bolu Ketan Mendut Sidoarjo)”. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Peran Sertifikasi HACCP, Penjualan, Manajemen Syariah HACCP merupakan suatu sistem manajemen mutu dan pengendalian keamanan pangan secara preventif yang bersifat ilmiah, rasional dan sistematis. Tujuan adanya HACCP yaitu untuk mengidentifikasi, memonitor dan mengendalikan bahaya (hazard). CV. Bolu Ketan Mendut merupakan usaha yang bergerak dalam bidang produksi ringan yakni keripik brownies ketan. Usaha ini telah berhasil mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Australia, Turki, Singapura, Hongkong. Dengan rumusan masalah bagaimana peran sertifikasi HACCP dalam meningkatkan penjualan dan juga bagaimana menurut pandangan manajemen syariah dengan adanya sertifikasi HACCP dalam meningkatkan penjualannya. Jenis penelitian kualitatif dengan field research. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara yang akhirnya diuraikan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Wawancara secara langsung yang dilakukan oleh peneliti dengan pihak yang terkait seperti pemilik CV. Bolu Ketan Mendut, karyawan dan konsumen. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran adanya sertifikasi HACCP dalam meningkatkan penjualan serta mengidentifikasi bagaimana pandangan manajemen syariah dengan adanya sertifikasi HACCP dalam meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini adalah peran adanya sertifikasi HACCP yang diterapkan di CV. Bolu Ketan Mendut penjualan keripik brownies ketan mengalami peningkatan. Peningkatan penjualan itu terjadi meningkatnya kepercayaan konsumen pada produk CV. Bolu Ketan Mendut, sehingga penjualan meningkat dan berdampak pada pendapatannya. Dalam pengelolaan usaha CV. Bolu Ketan Mendut ditinjau dari manajemen syariah, usaha CV. Bolu Ketan Mendut sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen syariah meskipun belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Pada proses produksi selalu mengedepankan kehalalan serta menjaga kebersihannya. Namun karyawan terjadi kelalaian pada saat proses pelabelan pada kemasan, sehingga menyebabkan pelabelan tidak maksimal, sesuai dengan manajemen syariah yakni pada proses pengawasan (controlling) tidak maksimal, sehingga belum sesuai dengan penerapan manajemen syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:35
Last Modified: 12 Jun 2023 06:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item