مشكالت تعلم النحو باستعمال الكتاب العوامل الجرجان في فصل "واجب التعلم" بالمعهد دار السالم لربويو كديري

Niqie, Mohammad Syah Rizal (2022) مشكالت تعلم النحو باستعمال الكتاب العوامل الجرجان في فصل "واجب التعلم" بالمعهد دار السالم لربويو كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502218_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932502218_bab1.pdf

Download (984kB)
[img] Text
932502218_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502218_bab3.pdf

Download (878kB)
[img] Text
932502218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
932502218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
932502218_bab6.pdf

Download (551kB)
[img] Text
932502218_dartarpustaka.pdf

Download (744kB)

Abstract

Abstrak Mohammad Syah Rizal Niqie, Pembimbing Dr. Nurul Hanani, M.HI dan Dr. Umar Faruq, S.Ag., M.Fil.I, Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Kitab AlAwamil Al-Jurjani di Kelas “Wajib Belajar” pada Pondok Darussalam Lirboyo Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci : Problematika Pembelajaran Nahwu, Kitab Al-Awamil Al-Jurjani, Kelas Wajib Belajar Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran nahwu di kelas wajib belajar menggunakan kitab Al-Awamil AlJujani pada Pondok Pesantren Darussalam Kediri dan mengetahui masalah yang dialami ketika pembelajaran dengan menggunakan kitab Al-Awamil di kelas wajib belajar. Penelitian yang berjenis penelitian lapangan ini menggunakan metode analisis data kualiatif dengan menampilkan data yang didaptkan dengan jelas dan terperinci. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan sumber data yang merupakan anggota dewan pendidikan bagian yang menjadi guru pada kelas wajib belajar dan siswa pada kelas wajib belajar Pondok Darussalam Lirboyo Kediri. Dari penelitian yang dilakukan, didapati hasil bahwa: 6) Problematika yang terjadi di kelas wajib belajar terbagi menjadi problematika linguistik yang mencakup penguasaan kosa kata, gramatikal dan tulisan yang digunakan; dan problematika non lingustik yang terbagi menjadi dua, yaitu problematika metodologis (yang cakupannya terdiri dari guru, siswa, kurikulum, alokasi waktu dan media pembelajaran) dan problematika sosiologis (yang mencakup terkait kebijakan dewan pendidikan dan masalah lingkungan).2) Pihak Dewan Pendidikan sudah menyediakan solusi yang dialami siswa pada pembelajaran nahwu berupa gagasan yang akan diterapkan di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syah Rizal Niqie
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:49
Last Modified: 12 Jun 2023 06:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8556

Actions (login required)

View Item View Item