Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Sumber Belajar Siswa Di SMAN 4 Kediri

Ghojali, Alfarel (2022) Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Sumber Belajar Siswa Di SMAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932406218_prabab.pdf

Download (429kB)
[img] Text
932406218_bab 1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932406218_bab 2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932406218_bab 3.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932406218_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932406218_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932406218_bab 6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932406218_daftarpustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932406218_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Sekolah merupakan media pendidikan yang efektif untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dan tempat para guru memberikan informasi yang dibutuhkan siswa. Namun, belajar dan mengajar di kelas bukan satu-satunya cara untuk memperoleh informasi, karena informasi juga dapat diperoleh dari tempat lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam mendukung sumber belajar di SMAN 4 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan dan petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan dalam mendukung sumber belajar siswa di SMAN 4 Kediri ini menggunakan beberapa tahap yakni tahap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Adapun unsur-unsur yang dikelola di perpustakaan sekolah ini meliputi beberapa aspek diantaranya adalah struktur organisasi perpustakaan, ruangan perpustakaan, perlengkapan perpustakaan, koleksi perpustakaan, tenaga perpustakaan, layanan perpustakaan dan anggaran perpustakaan. Dalam pelaksanaannya pengelola perpustakaan mengalami hambatan dan kendala, seperti halnya perubahan kurikulum yang baru sehingga pengelola perpustakaan harus segera menyediakan koleksi buku yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu terhambat dengan dana yang terbatas sehingga pengelola perpustakaan harus mengadakan barang kebutuhan yang urgent terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alfarel Ghojali
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:47
Last Modified: 05 Jun 2023 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item