Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas VIII Di MtsN 2 Kota Kediri

Nikmah, Rofiiatun (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas VIII Di MtsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108318_prabab.pdf

Download (770kB)
[img] Text
932108318_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932108318_bab2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932108318_bab3.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932108318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
932108318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
932108318_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932108318_daftarpustaka.pdf

Download (50kB)
[img] Text
932108318_sp.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK NIKMAH, ROFIIATUN, 2022. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadist Kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Ninik Zuroidah, M. Si dan (2) Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar Motivasi Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau keterlambatan. Motivasi Belajar ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor dari internal maupun faktor dari eksternal. Faktor-faktor tersebut salah satunya adalah Keterampilan Mengajar Guru. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru Al-Qur’an Hadist kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri, (2) Untuk menjelaskan motivasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri, (3) Untuk megetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi linier sederhana serta jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 456 siswa kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 siswa kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner dari indikator Keterampilan mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Analisis data yang digunakan yaitu Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi Koefisiensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keterampilan Mengajar Guru Kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri apabila dijumlahkan total keseluruhan indikator terletak pada kategori Sedang dengan nilai rata-rata 89,05. Sedangkan Motivasi Belajar Siswa di MTSN 2 Kota Kediri dengan niali rata-rata 93,04 berada pada kategori Sedang. Adanya pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTSN 2 Kota Kediri dengen persentase 11,1% sedangkan sisanya 88.9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofiatun Nikmah
Date Deposited: 31 May 2023 08:06
Last Modified: 07 Jun 2023 02:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item