Khozin, Muhamad (2023) Strategi Public Relations Pondok Pesantren "Yambu'ul Qur'an" Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933512918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933512918_bab1.pdf Download (393kB) |
|
Text
933512918_bab2.pdf Download (746kB) |
|
Text
933512918_bab3.pdf Download (297kB) |
|
Text
933512918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933512918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
Text
933512918_bab6.pdf Download (116kB) |
|
Text
933512918_daftarpustaka.pdf Download (951kB) |
Abstract
MUHAMAD KHOZIN, Strategi Public Relations Pondok Pesantren ”Yambu’ul Qur’an” Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023, Dosen pembimbing I Dr. Ropingi, M. Pd. Dosen pembimbing II Dr. Moh. Shofiyul Huda MF.,M.Ag. Kata kunci: strategi, public relations. Opini masyarakat masih memandang sebelah mata terhadap eksistensi pesantren. Pendidikan pesantren dianggap tidak bisa mencetak generasi-generasi muda yang melek akan pengetahuan umum dan agama. Namun, kini tidak sedikit pesantren yang sudah mampu mengimbangi lembaga-lembaga formal, dengan segudang program-program unggulannya. Kesalahpahaman masyarakat terhadap eksistensi dan minimnya kepercayaan terhadap pesantren perlu diimbangi dengan peran public relations untuk mengenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat, agar pesantren bisa dikenal dan mendapat citra yang baik di mata publiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations dalam mengenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat (stakeholders). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Strategi public relations Pondok Pesantren “Yambu’ul Qur’an” Kediri sesuai dengan teori Bauran Public Relation P.E.N.C.I.L.S yang dikemukakan oleh Thomas L Haris. 2) Dalam mengenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat (stakeholders), dengan cara membangun hubungan komunikasi yang baik dan memberikan informasi melalui kegiatan publikasi di media online, media cetak, terkait kegiatan dan prestasi santri dan personal selling melalui stakeholdersnya. 3) public relations Pondok Pesantren “Yambu’ul Qur’an” Kediri selalu menjaga sikap amanah dan istiqomah dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar dan selalu meningkatkan pelayanan dengan baik. 4) Citra Pondok Pesantren “Yambu’ul Qur’an” Kediri di mata masyarakat sudah baik, dilihat dari banyaknya masyarakat yang antusias dalam membantu mensukseskan seluruh kegiatan belajar mengajar serta peningkatan santri setiap tahunnya. 5) Faktor penghambat public relations dalam mengenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat yaitu terbatasnya tenaga tim IT, masih banyak sarana-prasarana yang masih belum terpenuhi, serta keterbatasan tenaga kerja. 6) faktor pendukung yaitu Pondok Pesantren “Yambu’ul Qur’an” sudah memiliki media sosial sendiri yang bisa diakses oleh masyarakat luas, SDM yang sudah sesuai dengan standar yang cukup baik, serta banyaknya program-program unggulan yang semakin meningkat dengan fasilitas penunjang pendidikan yang terus dipenuhi secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mugamad Khozin |
Date Deposited: | 30 May 2023 06:36 |
Last Modified: | 30 May 2023 06:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8464 |
Actions (login required)
View Item |