Rohman, Wahyu Fatkur (2023) Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Tranksaksi Penjualan di Kedai Warunk Singkong Djuara (WSD) Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931329918_prabab.pdf Download (857kB) |
|
Text
931329918_bab1.pdf Download (680kB) |
|
Text
931329918_bab2.pdf Download (471kB) |
|
Text
931329918_bab3.pdf Download (136kB) |
|
Text
931329918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
931329918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
931329918_bab6.pdf Download (12kB) |
|
Text
931329918_daftarpustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
931329918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
931329918_suratpernyataan.pdf Download (251kB) |
Abstract
WAHYU FATKUR ROHMAN, Dosen Pembimbing Sri Anugrah Natalina., SE, MM dan Arif Zunaidi, SHI, MEI. Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Tranksaksi Penjualan di Kedai Warunk Singkong Djuara (WSD) Kediri, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Efektivitas, QRIS, Tranksaksi Penjualan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas program metode pembayaran nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kedai WSD Kediri. Metode pembayaran ini bertujuan untuk mengurangi risiko pembayaran antar bank dan peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran nontunai. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Pertama, bagaimana praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri? Kedua, bagaimana efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri? Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri. Kedua, untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kedai WSD Kediri yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No.124 Kranggan Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: Pertama, praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri diawali dengan pembeli yang menyampaikan kepada karyawan untuk melakukan pembayaran dengan nontunai, maka karyawan akan mengarahkan pembeli untuk memindai QR Code kemudian mengetik jumlah nominal yang akan dibayarkan, lalu saldo pembeli otomatis berkurang. Kedua, efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan di Kedai WSD Kediri mengacu pada pengukuran keberhasilan sistem informasi, terdapat 6 indikator yaitu diantaranya: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, pengguna, kepuasan pengguna, dan keuntungan bersih. Berdasarkan hasil analisis penulis penggunaan Quick Responses Code Indonesian Standard pada Kedai WSD dapat dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Wahyu Fatkur Rohman |
Date Deposited: | 31 May 2023 06:33 |
Last Modified: | 31 May 2023 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8453 |
Actions (login required)
View Item |