Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Dalam Qs. Luqman [31]: 12-19 (Studi Komparatif Tafsir Al-Maraghi Dan Tafsir Al-Mishba>H)

Ariyanti, Vivin Devi (2023) Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Dalam Qs. Luqman [31]: 12-19 (Studi Komparatif Tafsir Al-Maraghi Dan Tafsir Al-Mishba>H). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB)
[img] Text
Vivin SP.pdf

Download (337kB)

Abstract

Karakter merupakan aspek yang sangat diperlukan dalam membangun perkembangan generasi penerus. Salah satu ayat Al-Qur’an yang berbicara mengenai pendidikan karakter terhadap anak diceritakan dalam QS.Luqman [31]:12-19. Dalam kisahnya Luqman menjelaskan kepada sang anak. Dalam penelitian ini mengunakan dua penafsiran pada kitab Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Mishba>h yang memiliki persamaan corak penafsiran adabi ijtima>’i> (sosial kemasyarakatan), namun dalam penafsiran keduanya memiliki perbedaan pendapat dalam pemikiran. Seperti Tafsir Al-Mishba>h lebih tertuju kepada tafsir tah}lili, sedangkan Tafsir Al-Maraghi lebih mencolok dalam penafsiran ijmali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penafsiran QS.Luqman [31] 12-19 menurut Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Mishba>h. Penulis juga tertarik untuk merelevansikan hasil penafsiran kedua mufassir dengan pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian skripsi ini diantaranya Pertama bagaimana M Quraish Shihab dan Ahmad Mustofa Al-Maraghi menafsiran QS.Luqman [31]: 12-19 dalam masing-masing karya tafsirnya. Kedua bagaimana relevansi penafsiran QS.Luqman [31]: 12-19 menurut kedua mufassir tersebut dalam metode pembentukan karakter anak usia dini. Jenis penelitian ini kajian pustaka (library research) dengan mengkaji data yang bersumber dari tafsir muqaran/komparatif penafsiran dari kedua ayat dari masing-masing mufassir akan dianalisis perbandingannya dan di relvansikan dengan pembentukan karakter anak usia dini. Teknik pengumpulan data pada penulisan ini berasal dari metode penelitian buku dan kitab Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Mishba>h. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan karakter anak usia dini pada QS. Luqman [31] 12-19 yakni: Pertama menurut Al-Mishba>h. pendidikan tauhid dan tidak meyekutukan Allah, berbakti kepada kedua orang tua, beribadah, amar ma’ruf nahi mungkar, dan pendidikan akhlak (bersabar, tidak sombong, sederhana dalam berjalan dan berbicara). Menurut Al-Maraghi hikmah merupakan rasa bersyukur atas nikmat Allah, mengajarkan anak beribadah kepada Allah, berbakti kepada kedua orang tua paling utama ibu. Kedua dari persamaan dan perbedaan diatas penulis merelevansikan karakter anak usia dini yakni beribadah dan pendidikan akhlak (bersabar, tidak sombong, sederhana dalam berjalan dan berbicara), terutama berbakti kepada kedua orang tua Disimpulkan peran orang tua dalam mendidik anaknya yakni hikmah merupakan rasa syukur atas nikmat Allah, nilai tauhid(tidak meyekutukan Allah), berbakti kepada kedua orang tua dan memberi nasihat tidak berperilaku sombong, mengajarkan mendirikan sholat, peran orang tua yakni mengajarkan anak pendidikan akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030313 Stories in the Qur'an (Cerita Dalam Al-Qur’an)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Vivin Devi Ariyanti
Date Deposited: 29 May 2023 07:10
Last Modified: 29 May 2023 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item