Naida, Sabilisa Dava (2023) تأثير طريقة تعلم اللغة من خلال المجتمع لترقية كفاءة مهارة الكلام في الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية معارف أوداناو بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500319_prabab.pdf Download (992kB) |
|
Text
932500319_bab1.pdf Download (267kB) |
|
Text
932500319_bab2.pdf Download (263kB) |
|
Text
932500319_bab3.pdf Download (204kB) |
|
Text
932500319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
932500319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
932500319_bab6.pdf Download (83kB) |
|
Text
932500319_daftarpustaka.pdf Download (114kB) |
|
Text
932500319_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932500319_suratpernyataan.pdf Download (299kB) |
Abstract
ABSTRAK Sabilisa Dava Naida, 2023. Pengaruh Metode Community Language Learning Terhadap Peningkatan Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa Kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Kediri. Dosen pembimbing (1) Dr. Hj. Nurul Hanani, M.HI dan (2) Eko Budi Hartanto, S.Hum, M.Pd.I. Kata Kunci : Maharah Kalam, Community Language Learning. Kemampuan Berbicara Pembelajaran Bahasa Arab bertujuan agar peserta didik mampu mengusai 4 (empat) keterampilan (maharah/skill) bahasa. Untuk memperoleh ke-empat keterampilan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, salah satu diantaranya yang menurut penulis penting adalah metode mengajar. Salah satunya yaitu Metode CLL (Community Language Learning). Sebagai sebuah instansi pendidikan yang menaruh perhatian dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa arab, MA Ma’arif Udanawu Blitar perlu mengembangkan metodologi dalam pembelajaran Bahasa arab khususnya dalam pembelajaran Keterampilan berbicara (maharah al-kalam). Untuk itu dianggap perlu adanya penelitian metodologi pembelajaran Keterampilan Berbicara (Maharah Kalam) dengan menggunakan metode Metode CLL (Community Language Learning) ini. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Maharah Kalam dengan menggunakan metode Community Language Learning dan apa pengaruh dari metode Community Language Learning dalam pembelajaran maharah kalam pada siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini berasal dari kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar, dan adapun sampelnya yaitu kelas X MIPS 5 dan X MIPS 7. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan wawancara. Kemudian data di analisis menggunakan t-test. Adapun hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok control dan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posstest kelompok control sebesar 18,20 dan rata-rata kelompok eksperimen 17,04 dengan besarnya peningkatan rata-rata pretest dan posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu, untuk kelompok eksperimen dengan selisih peningkatan sebesar 1,14, sedangkan kelompok kontrol dengan selisih peningkatan sebesar 0,38. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “terdapat perbedaan yang signifikan antara maharah kalam siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol disetujui. Kemudian hasil pengujian hipotesis menunjukkan dimana nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode community language learning terhadap peningkatan pembelajaran maharah kalam kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sabilisa Dava Naida |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:54 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8300 |
Actions (login required)
View Item |