Melinia, Arisa (2023) Strategi Variasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Perspektif Marketing Islam (Studi Kasus Pada UMKM "Nira Sari" Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931316818_prabab.pdf Download (447kB) |
|
Text
931316818_bab1.pdf Download (319kB) |
|
Text
931316818_bab2.pdf Download (274kB) |
|
Text
931316818_bab3.pdf Download (166kB) |
|
Text
931316818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text
931316818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
931316818_bab6.pdf Download (34kB) |
|
Text
931316818_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
931316818_suratpernyataan.pdf Download (109kB) |
Abstract
Arisa Melinia, 2023. Strategi Variasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Perspektif Marketing Islam. (Studi Kasus Pada UMKM “Nira Sari” Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sulistyowati, SHI, MEI (2) Dr. Yuliani, MM. Kata kunci : Strategi, Variasi Produk, Daya Beli, Perspektif Marketing Islam. Skripsi ini adalah kajian ilmiah tentang bagaimana strategi variasi produksi gula jawa herbal dalam meningkatkan daya beli masyarakat perspektif produksi Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana strategi variasi produksi gula jawa herbal dalam meningkatkan daya beli masyarakat di UMKM Nira Sari Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dan bagaimana strategi produksi gula jawa herbal dalam meningkatkan daya beli masyarakat di UMKM Nira Sari Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dalam perspektif produksi Islam. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif analisis. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan peneliti dengan pihak terkait seperti owner, karyawan, dan customer UMKM Nira Sari. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan keterlibatan peneliti, pengamatan mendalam dalam observasi, serta triangulasi. Adapun tahap terakhir adalah tahap sebelum penelitian, tahap selama di lapangan, tahapan analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Variasi Produk dalam meningkatkan daya beli masyarakat melibatkan berbagai strategi yang meliputi pemilihan variasi produk yang menarik dalam hal ini pemilik memilih variasi produk berupa gula herbal yang memiliki kandungan rempah-rempah yang oleh masyarakat Indonesia dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan. Strategi kedua, pemilik UMKM Nira Sari menggunakan pemasaran melalui media sosial dan penjualan melalui market place. Selain itu pemilik UMKM Nira Sari juga menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi dan melakukan quality kontrol demi menjaga cita rasa dan manfaat yang dihasilkan dari produk dari UMKM Nira Sari. (2) Strategi Variasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Perspektif Marketing Islam selalu menjalankan setiap kegiatan pemasarannya dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis yang mana selalu mengutamakan kejujuranya dalam pemasaran. Dalam produksinya, UMKM ini telah memenuhi standart kehalalan makanan walaupun untuk saat ini masih proses untuk mendapatkan izin halal. Adapun UMKM ini tidak menekankan fungsi ekonominya saja, tetapi juga fungsi sosial, dimana yang memperkerjakan tetangga sekitar UMKM tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Arisa Melinia |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:31 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8258 |
Actions (login required)
View Item |