Strategi Guru Kelas IV Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Melalui Metode Pendekatan Savi Di MI Al – Muwazanah Kabupaten Kediri

Nuzula, Dewi Rizqi Ilyana (2022) Strategi Guru Kelas IV Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Melalui Metode Pendekatan Savi Di MI Al – Muwazanah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605018_prabab.pdf

Download (668kB)
[img] Text
932605018_bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932605018_bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932605018_bab3.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932605018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
932605018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
932605018_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932605018_daftar_pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932605018_suratpernyataan.pdf

Download (407kB)

Abstract

Dewi Rizqi Ilyana Nuzula, Strategi Guru Kelas IV Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Melalui Metode Pendekatan Savi di MI Al – Muwazanah Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, dosen pembimbing: (1) Ummy Fauziyah Laili, M. Si dan (2) Novi Rosita Rahmawati, M. Pd Kata kunci: Karakter Percaya Diri dan Metode Pendekatan Savi Berdasarkan data yang diperoleh pada MI Al – Muwazanah Kabupaten Kediri di kelas 4 terdapat permasalahan yaitu kurang terbentuknya karakter percaya diri dibuktikan dengan perilaku yang masih malu dalam melakukan sesuatu seperti contoh, siswa malu untuk maju kedepan kelas. Adanya permasalahan ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan di MI Al – Muwazanah Kabupaten Kediri dengan tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk keyakinan atas kemampuan diri untuk bersikap positif dengan metode pendekatan Savi. 2) Untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk optimis siswa dengan metode pendekatan savi. 3) Untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk percaya diri dengan memandang permasalahan sesuai dengan kebenaran (objektif) dengan metode pendekatan savi. 4) Untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk percaya diri terhadap tanggung jawab siswa dengan metode pendekatan savi. 5) Untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk percaya diri terhadap rasional dengan metode pendekatan savi Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara guru kelas sedangkan data sekunder yakni peserta didik dan RPP. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)strategi yang dilakukan guru dengan meminta siswa maju untuk mengerjakan soal (somatic), dengan meminta siswa untuk sering bertanya dan berpendapat dari materi yang dijelaskan ( auditori), dengan menggunakan media gambar ( visual), dengan membuat soal ( intelektual). 2) Dengan dengan cara mendekte siswa, menyuruh anak menyalin pekerjaannya didepan kelas (somatic), Dengan memberikan motivasi kesiswa untuk percaya diri terhadap pendapatnya (auditori), dengan cara meminta siswa untuk menggambar. (visual), dengan tugas kelompok ddengan memecahkan masalah bersama (Intelektual). 3) Strategi yang dilakukan sesuai dan efektif. 4) Dengan memberikan PR (somatic), dengan kemampuan menangkap informasi setelah dijelaskan langsung diberikan pertanyaan (auditori), dengan cara meminta siswa untuk menampilkan gambaran yang sebaik – baiknya (visual), dengan cara meminta siswa untuk menyelesaikan tugas PR dengan tepat (intelektual). 5) Dengan sering menampilkan dirinya didepan kelas (somatic), dengan meminta siswa menyampaikan pendapatnya sesuai dalam pembelajaran (auditori), dengan memberikan gambaran agar mudah difahami (visual), Dengan cara melatih siswa dengan soal – soal dan meminta mengerjakan dengan menyelesaikan sendiri (intelektual).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Rizqi IIyana Nuzula
Date Deposited: 23 May 2023 07:35
Last Modified: 23 May 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item View Item