Peran Pondok Pesantren Dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Sali, Nada Salsabila (2022) Peran Pondok Pesantren Dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932113318_bab1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932113318_bab2.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932113318_bab3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932113318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932113318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
932113318_bab6.pdf

Download (273kB)
[img] Text
932113318_daftarpustaka.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932113318_sp.pdf

Download (186kB)

Abstract

NADA SALSABILA SALI, Dosen pembimbing Moh. Zainal Fanani, M. Pd. I dan Drs. Imam Taulabi, M. Pd. I : Peran Ponodk Pesantren dalam Menmbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa MA AL-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, 2022. Kata Kunci : Nasionalisme, Pondok Pesantren, Sekolah Nasionalisme kini berada dalam pusaran peradapan baru yang bernama goblalisasi dan semakin berkembangnya zaman juga semakin mendapat tantangan yang begitu besar. Maka dari itu sekolah sebagai perantara terdekat dengan generasi penerus bangsa sangat berperan penting dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa dan juga pesantren yang merupakan lembaga pendidikan ilmu-ilmu agama. Selain berperan di bidang pendidikan, pesantren juga lekat dengan kehidupan sosial-masyarakat. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui sikap-sikap nasionalisme yang dimiliki siswa MA Al-Mahrusiyah. 2) Untuk mengetahui peran pondok pesantren dalam menumbuhkan semangat nasionalisme siswa MA Al-Mahrusiyah. 3) Untuk mengetahui peran sekolah dalam menumbuhkan semangat nasionalisme siswa MA Al-Mahrusiyah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum kelapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian menunjukan : 1) Sikap-sikap nasionalisme yang dimiliki siswa MA Al-Mahrusiyah yakni cinta tanah air, rela berkorban, dan mengutamakan kepentingan umum. 2) Peran pondok pesantren dalam menumbuhkan semangat nasionalisme siswa MA AL-Mahrusiyah antara lain : melakukan pembiasaan habits positive sesuai dengan jadwal kegiatan pondok pesantren yang sudah tertata rapi, memperdalam ilmu religius dan ilmu umum, merayakan peringatan hari nasional atau mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan kebangsaan, dan melatih siswa (santri) untuk berdiskusi atau musyawarah ketika madrasah diniyah atau dalam kegiatan LBM. 3) Peran sekolah dalam menumbuhkan semangat nasionalisme pada siswa MA AL-Mahrusiyah antara lain : mengadakan upacara bendera setiap hari kemerdekaan dan hari santri nasional, menanamkan sikap toleransi tanpa memandang suku atau ras, mengajarkan kedisiplinan pada siswa, mendidik siswa untuk taat pada peraturan sekolah, menggali potensi siswa, mendorong siswa untuk mengikuti esktrakulikuler, mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam olimpiade-olimpiade diluar sekolah, dan mengembangkan literasi pada siswa dengan bekerja sama dengan pers mahrusy.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Salsabila Sali
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:53
Last Modified: 14 Jun 2023 08:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item