Perilaku Impulse Buying Pada Generasi-Z Melalui Shopee Dalam Memenuhi Kebutuhan Selama Covid-19 Perspektif Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2018 IAIN Kediri)

Pebriani, Nurul (2023) Perilaku Impulse Buying Pada Generasi-Z Melalui Shopee Dalam Memenuhi Kebutuhan Selama Covid-19 Perspektif Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2018 IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300218_prabab.pdf

Download (423kB)
[img] Text
931300218_bab1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
931300218_bab2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
931300218_bab3.pdf

Download (123kB)
[img] Text
931300218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
931300218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
931300218_bab6.pdf

Download (36kB)
[img] Text
931300218_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931300218_suratpernyataan.pdf

Download (464kB)

Abstract

ABSTRAK NURUL PEBRIANI, 2023. Perilaku Impulse Buying Pada Generasi-Z Melalui Shopee Dalam Memenuhi Kebutuhan Selama Covid-19 Perspektif Sosiologi Ekonomi Islam. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2018 IAIN Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sulistyowati, SHI,M.EI (2) Dr. Muhamad Wildan Fawa’id, M.EI. Kata Kunci: Impulse Buying, Generasi-Z, Shopee, Sosiologi Ekonomi Islam Covid-19 membuat generasi-z lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah sehingga merubah pola perilaku pembelian generasi-z yang awalnya berbelanja ditoko menjadi belanja secara online. Perkembangan dunia digital menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi secara online. Salah satu gebrakan platform belanja online yang banyak diminati oleh generasi-z yaitu Shopee. Shopee banyak menawarkan berbagai kemudahan dan berbagai macam kemudahan yang dihadirkan tersebut dapat membuat generasi-z melakukan impulse buying. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perilaku impulse buying generasi-Z mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 melalui Shopee dalam memenuhi kebutuhan selama Covid19?, (2) Bagaimana perilaku impulse buying generasi-Z mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 melalui Shopee dalam memenuhi kebutuhan selama covid19 Perspektif Sosiologi Ekonomi Islam? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua macam yaitu dengan cara observasi dan wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan kepada 20 informan. Selanjutnya di analisis menggunakan pengecekkan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketelitian pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perilaku impulse buying melalui Shopee yang dilakukan generasi-z atau mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 selama covid-19, disebabkan karena mahasiswa takut untuk keluar rumah sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, hal tersebut membuat generasi-z atau mahasiswa sering melakukan impulse buying. Perilaku impulse buying yang dilakukan oleh generasi-z atau mahasiswa didasari oleh keputusan spontan yang dilakukan tanpa sadar dan merupakan respon cepat setelah mendapat rangsangan dari sekitar mereka tanpa mempertimbangkan manfaat jangka panjang dari barang yang mereka beli, generasi-z seringkali merasa menyesal ketika telah mendapatkan barang yang mereka beli. (2) Dengan adanya banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee dapat menyebabkan generasi-z melakukan impulse buying yang disebabkan karena memiliki banyak waktu luang dan tergiur dengan promosi yang diberikan oleh penjual di Shopee, promosi yang menarik perhatian generasi-z yaitu tampilan produk yang eye catching, diskon, gratis ongkos kirim dan melihat review atau penilaian produk yang ingin dibeli ternyata mengalahkan loyalitas nilai-nilai islam yang diyakini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Febriani
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:48
Last Modified: 22 May 2023 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item