Efektifitas Terapi Hipnosis Teknik Implosive Desensitization Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Mipa Di SMAN 1 Gondang Nganjuk

Hussein, Allwy Ibrahim (2018) Efektifitas Terapi Hipnosis Teknik Implosive Desensitization Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Mipa Di SMAN 1 Gondang Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401811_prabab.pdf

Download (657kB)
[img] Text
933401811_bab1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
933401811_bab2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
933401811_bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
933401811_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
933401811_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
933401811_bab6.pdf

Download (44kB)
[img] Text
933401811_daftarpustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK ALLWY IBRAHIM HUSSEIN, Dosen Pembimbing Imron Muzakki, M. Psi, Psikolog dan Drs. M. Qomarul Huda, M.Fil.I. Efektifitas Terapi Hipnosis Teknik Implosive Desensitization Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 1 Gondang Nganjuk, Psikologi Islam, Ushuluddin dan Ilmu Sosial, STAIN Kediri, 2018. Kata kunci: Hipnoterapi, Minat Belajar. Penelitian ini didasari atas permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gondang Nganjuk terkait dengan adanya perilaku negatif siwa yang mengindikasikan minat belajar. Minat belajar merupakan perhatian dan rasa ingin tahu yang besar terhadap belajar atau proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hipnoterapi merupakan suatu teknik terapi pikiran dan penyembuhan yang menggunakan metode hipnosis untuk memberikan sugesti atau perintah positif kepada pikiran bawah sadar. Teknik hipnoterapi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Implosive Desensitization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Terapi Hipnosis terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala minat belajar. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan populasi berjumlah 103 akan tetapi data yang kembali berjumlah 99 dan didapat subjek sebanyak 28 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis Uji-t. Analisi data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Progam For Social Service) versi 19.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Uji-t (t-test) dari posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai T sebesar 2,788 dengan taraf 0,015 sehingga berada diatas 0,05. Artinya ada perbedaan perubahan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Hipnoterapi teknik implosive desensitization dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gondang” diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:34
Last Modified: 11 Apr 2023 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item