Istifadah, Miftahul (2018) Analisis Pengukuran Kinerja Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri Dengan Menggunakan Pendekatan Perspektif Pelanggan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931317813_prabab.pdf Download (509kB) |
|
Text
931317813_bab1.pdf Download (246kB) |
|
Text
931317813_bab2.pdf Download (477kB) |
|
Text
931317813_bab3.pdf Download (404kB) |
|
Text
931317813_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
931317813_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text
931317813_bab6.pdf Download (157kB) |
|
Text
931317813_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
|
Text
931317813_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Miftahul Istifadah: Dosen Pembimbing H. Abdul Wahab Ahmad Khalil, MA., Achmad Munif, SE, MM. : ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KEDIRI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSPEKTIF PELANGGAN Skripsi Jurusan Syariah, Ekonomi Syariah, STAIN KEDIRI, 2018 Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, STAIN Kediri, Perspektif Pelanggan. Pengukuran Kinerja merupakan proses mengukur tingkat capaian kinerja yang digunakan sebagai dasar untuk menilai tingkat keberhasilan. Pengukuran Kinerja dapat dilakukan di semua organisasi termasuk organisasi nirlaba seperti STAIN Kediri. Dengan mengadopsi pengukuran kinerja metode Balanced Scorecard perspektif pelanggan, diharapkan STAIN Kediri mampu mengevaluasi kinerja sehingga kedepan dapat menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran kinerja Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri dengan menggunakan perspektif pelanggan (mahasiswa), dimana terdapat tiga indikator sebagai pengukurannya yakni Akuisisi Pelanggan (Acquisition Customer/ CA), Retensi Pelanggan (Customer Retention/ CR), dan Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction/ CS) yang diketahui dengan menggunakan kuesioner. CA ialah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan STAIN Kediri dalam menarik sejumlah pelanggan baru (mahasiswa baru) pada tahun tertentu, CR ialah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan STAIN Kediri dalam mempertahankan pelanggan (mahasiswa) sampai dinyatakan lulus pada tahun tertentu, dan CS ialah untuk mengetahui seberapa puas pelanggan (mahasiswa) atas pelayanan yang diberikan STAIN Kediri meliputi pelayanan karyawan, dosen pengajar, sarana prasarana, dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder, data primer meliputi kuesioner yang diisi sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif STAIN Kediri dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan Skala Likert sebagai opsi jawabannya, meliputi: Aspek Tangibles, Aspek Reliabilit, Aspek Responsiveness, Aspek Assurance, Aspek Empathy, dan Aspek Information System. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rentang tahun 2014/2017, kinerja STAIN Kediri pada indikator CA dan CR berturut-turut memperoleh skor 19 (95%) dan 17 (85%) dengan kriteria penilaian “sangat baik”. Pada indikator CS dalam uji validitas dan realibitas, hasilnya ialah 49 pernyataan dinyatakan valid dan mempunyai tingkat reliabilitas 0,940 memperoleh skor 18 (60%) dengan kriteria “kurang puas” yang menunjukkan bahwa mahasiswa STAIN Kediri kurang puas terhadap layanan STAIN Kediri. Kinerja secara keseluruhan diperoleh total skor 54 (77,14 %) dari skor maksimal 70. Skor tersebut berada pada skala 47,6-58,7 dengan kriteria penilaian “Baik”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:08 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8093 |
Actions (login required)
View Item |