Peran Strategi Promosi Dalam Mempertahankan Eksistensi Pengrajin Gerabah Muslim Kec Malo Bojonegoro

FItriya, Lailatul (2018) Peran Strategi Promosi Dalam Mempertahankan Eksistensi Pengrajin Gerabah Muslim Kec Malo Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931314313_prabab.pdf

Download (348kB)
[img] Text
931314313_bab1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
931314313_bab2.pdf

Download (200kB)
[img] Text
931314313_bab3.pdf

Download (102kB)
[img] Text
931314313_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
931314313_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
931314313_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
931314313_daftarpustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK LAILATUL FITRIYA. Dosen Pembimbing Nuril Hidayati, S.Fil.I, M.Hum dan dan Amrul Mutaqin, M.EI : Peran Strategi Promosi Dalam Mempertahankan Eksistensi Pengrajin Gerabah Muslim Kec Malo Bojonegoro, Ekonomi Syari’ah, Syari’ah, STAIN Kediri, 2018. Kata kunci: Strategi promosi, eksistensi gerabah. Kerajinan gerabah Rendeng Malo Bojonegoro merupakan satu-satunya sentra kerajinan gerabah yang masih melanjutkan tradisi pembuatan gerabah dan mampu bertahan sejak dulu hingga sekarang, dimana saat orang lebih memilih barang yang berasal dari plastik dan alumunium dibanding gerabah . Keberadaan kerajinan gerabah tidak terlepas dari peran sebuah promosi dalam mempertahankan eksistensi. Strategi promosi penjualan yang digunakan oleh pengrajin yakni dengan cara personal selling dan pemberian potongan harga. Gerabah Rendeng Malo menjadi bukti bahwa kerajinan gerabah masih tetap dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan pengrajin gerabah muslim yang ada di Rendeng Malo Bojonegoro dalam mempertahankan eksistensinya. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, yaitu semua data yang diperoleh disajikan apa adanya serta dalam proses melibatkan peneliti langsung. Sedangkan pengumpulan data menggunakan tiga teknik, dokumentasi, observasi atau pengamatan serta wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan dan pengamatan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi, pengrajin gerabah menggunakan strategi promosi yang berkembang dan bervariasi. Pengrajin gerabah Rendeng Malo menggunakan strategi promosi dengan memanfaatkan media publisitas meliputi media cetak dan media elektronik, bekerjasama dengan lembaga pendidikan, mengikuti berbagai even, bekerjasama dengan dinas pariwisata Bojonegoro, serta wisata edukasi sebagai cara mempertahankan eksistensi kerajinan gerabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa aktivitas promosi yang telah dijalankan bertujuan agar kerajinan Rendeng dapat dikenal khalayak dan dapat memberikan berbagai informasi melalui kegiatan promosi tersebut. Dengan cara promosi seperti yang dilakukan pengrajin gerabah Rendeng itu ternyata dapat mempertahankan keberadaan dari kerajinan gerabah sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:15
Last Modified: 04 Apr 2023 04:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item