Ardhianto, Hepi Nur (2021) Analisis Penerapan Sistem Waralaba Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Kasus Kemitraan Shoes and Care Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92500819011_prabab.pdf Download (347kB) |
|
Text
92500819011_bab1.pdf Download (231kB) |
|
Text
92500819011_bab2.pdf Download (432kB) |
|
Text
92500819011_bab3.pdf Download (172kB) |
|
Text
92500819011_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
92500819011_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
92500819011_bab6.pdf Download (87kB) |
|
Text
92500819011_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK HEPI NUR ARDHIANTO 925.008.019.011 Analisis Penerapan Sistem Waralaba Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Kasus Kemitraan Shoes And Care Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta) TESIS, Kediri: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan mendasar, antara lain: Pertama, waralaba pada kemitraan di Shoes And Care Yogyakarta adalah kemitraan jasa perawatan sepatu pertama di Indonesia. Kedua, waralaba pada kemitraan Shoes And Care menggunakan sistem bagi hasil. Dalam Bisnis Syariah teradapat pedoman dan tatacara kerjasama yang disebut syirkah dan juga terdapat pedoman untuk menjalankan manajemen bisnis syariah. Untuk itu, penelitian ini akan menjawab beberapa persoalan yakni: Bagaimana sistem waralaba yang diterapkan di kemitraan shoes and care Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta? Bagaimana sistem waralaba yang diterapkan di kemitraan shoes and care Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam perspektif bisnis syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, serta penelitian bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data penelitian. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Waralaba yang diterapkan pada kemitraan kemitraan di Shoes And Care menggunakan Franchise Format Bisnis, karena ikut terlibat dalam pelaksanaan para cabang mitranya. Dalam perspektif bisnis syariah Waralaba Shoes And Care sesuai dengan jenis syirkah Inan karena kedua belah pihak bekerja sama dengan modal yang berbeda dan kedua belah pihak diperbolehkan untuk turut aktif dalam pengelolaan usaha. Kata Kunci : Kemitraan, Waralaba, Bisnis Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 02:17 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 02:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8057 |
Actions (login required)
View Item |