Manajemen Keterampilan Untuk Pengembangan Life Skill Peserta Didik Di MAN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2020-2021

Zulaikah, Siti (2021) Manajemen Keterampilan Untuk Pengembangan Life Skill Peserta Didik Di MAN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2020-2021. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400819020_prabab.pdf

Download (877kB)
[img] Text
92400819020_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
92400819020_bab2.pdf

Download (346kB)
[img] Text
92400819020_bab3.pdf

Download (336kB)
[img] Text
92400819020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92400819020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
92400819020_bab6.pdf

Download (213kB)
[img] Text
92400819020_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
92400819020_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zulaikah, Siti. 2021. Manajemen ketrampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2020-2021. Tesis jurusan Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing Dr.Mukhammad Abdullah,M.Ag dan Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Keterampilan, Life Skill Dalam rangka melaksanakan Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah serta meningkatkan mutu, daya saing dan relevansi lulusan MA Plus Keterampilan dengan Dunia Kerja (Dunia Usaha/Dunia Industri), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kediri ditetapkan sebagai Madrasah Aliyah Plus Keterampilan tahun 2020. Keterampilan yang diajarkan yaitu: 1)Multimedia; 2) Tata Busana; 3) Tehnik Elektronika. Berdasarkan Uraian tersebut peneliti mengadakan penelitian mengenai Manajemen keterampilan untuk meningkatkan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2020-2021 dengan focus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri ? (3) Bagaimana pelaksanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? (4) Bagaimana pengawasan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai teknik analisis, peneliti menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan:1)Perencanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri, dilakukan beberapa tahapan yaitu: a) Perumusan tujuan; b) Menentukan ketua program; c) Menyusun silabus, d)Mempersiapkan sarana dan prasarana. 2)Tahap pengorganisasian beberapa langkah yaitu: a) Disusun kepengurusan program; b) Pembuatan angket untuk menjaring bakat minat siswa; c) Pengelompokan kelas ketrampilan. 3) Tahap pelaksanaan ada beberapa langkah yaitu: a)Membuat Jadwal Pelajaran; b)Penilaian pembelajaran. 4) Tahap pengawasan langkah yang dilakukan yaitu: a)Evaluasi interen program; b)Evaluasi dengan pengurus program; c)Evaluasi dengan stakeholder lembaga .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:23
Last Modified: 28 Mar 2023 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item