Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa di SMAN 2 Kediri, Tesis, Prodi MPI, Pascasarjana IAIN Kediri

Zahriyah, Naimatuz (2021) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa di SMAN 2 Kediri, Tesis, Prodi MPI, Pascasarjana IAIN Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400819015_prabab.pdf

Download (408kB)
[img] Text
92400819015_bab1.pdf

Download (468kB)
[img] Text
92400819015_bab2.pdf

Download (749kB)
[img] Text
92400819015_bab3.pdf

Download (458kB)
[img] Text
92400819015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
92400819015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
92400819015_bab6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
92400819015_daftarpustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
92400819015_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK NAIMATUZ ZAHRIYAH, 2021, Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa di SMAN 2 Kediri, Tesis, Prodi MPI, Pascasarjana IAIN Kediri, Dosen Pembimbing Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag dan Dr. Iskandar Tsani, M.Ag Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kinerja, Prestasi. SMAN 2 Kediri merupakan salah satu sekolah terbaik di kota Kediri yang memiliki banyak prestasi, Dalam memperoleh prestasi tersebut tentunya tidak bisa lepas dari Peran kepala sekolah, dalam mengelolah kinerja guru dan prestasi siswanya dengan sangat baik , Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru, 2). Mengetahui peran kepala sekolah mengembangkan prestasi siswa, 3). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dan prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di SMAN 2 Kediri, subjek penelitian kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan atau waka humas, dan guru. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang disertai dengan analisis data dan keabsahan data agar data yang diperoleh valid serta dapat dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru meliputi 1. Kepala sekolah selalu bersikap demokratis, menanamkan kedisiplinan, menanamkan nilai keagamaan, memberikan motivasi kepada guru, memberikan apresiasi; 2. Peran kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi siswa yaitu memberikan motivasi, menyediakan pelatih khusus lomba dan membuat tim lomba, memberikan apresiasi; 3. Faktor pendukung kinerja guru lingkungan kerja yang kondusif, sikap kepala sekolah yang demokratis, sarana dan prasarana yang memadai, memberikan peluang untuk mengembangkan potensi guru, pemberian apresiasi; Faktor penghambat kinerja guru; kurang disiplin dalam mengajar, kurang maksimal dalam menggunakan teknologi, Guru merasa tua sehingga tugasnya diberikan kepada yang muda; Faktor pendukung prestasi siswa, Memfasilitasi peserta didik, Menyediakan guru khusus, Membuat tim lomba, pemberian apresiasi; Faktor penghambat prestasi siswa: pembelajaran secara online kurang maksimal, kurangnya semangat dalam belajar, kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:47
Last Modified: 28 Mar 2023 06:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item View Item