تطوير‌منوذج‌اللعبة‌الرتبوية‌يف‌تعليم‌املفردات‌العربية‌للطالب‌ابملدرسة‌الثانوية‌اإلسالمية‌احلكومية‌الثانية‌ كديري

Rahmawati, Nur Wedia Devi (2021) تطوير‌منوذج‌اللعبة‌الرتبوية‌يف‌تعليم‌املفردات‌العربية‌للطالب‌ابملدرسة‌الثانوية‌اإلسالمية‌احلكومية‌الثانية‌ كديري. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92300819038_prabab.pdf

Download (854kB)
[img] Text
92300819038_bab1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92300819038_bab4,5,6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
92300819038_daftarpustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Wedia Devi Rahmawati, Dosen Pembimbing I Dr. Asror Yusuf, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Dr. Nurul Hanani, MHI : Pengembangan Model Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Untuk Siswa MTsN 2 Kota Kediri. Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci : Pengembangan, Model Permainan Edukatif, Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab menjadi suatu proses kegiatan yang mampu mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan berbahasa Arab. Dari situlah muncul pemikiran pentingnya sebuah model permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat digunakan oleh guru guna memudahkan para siswa memahami materi pelajaran bahasa Arab meskipun para siswa memiliki latar belakang dan daya serap siswa yang berbeda. Maka untuk mencapai keefektifan pembelajaran menurut peneliti, perlu adanya alternatif pengembangan model permainan edukatif dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Fokus dalam penelitian ini adalah pengembangan model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab dan efektivitas model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab untuk siswa MTsN 2 Kota Kediri. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab untuk siswa dan mengetahui efektivitas model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab untuk siswa MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) model Thiagarajan (4-D). Empat langkah pengembangan dalam penelitian ini yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan Uji produk yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independen melalui SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Pengembangan model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dilakukan melalui 4 tahap yaitu Tahap pertama, define yang meliputi: analisis masalah, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran. Tahap kedua, design yang meliputi: penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, desain awal. Tahap ketiga, develop yang meliputi: validasi ahli, revisi dan uji coba produk. Dan tahap kempat adalah Disseminate yang meliputi mencetak buku “Mufrodat Game” dan Smart Card yang dibagikan kepada guru-guru bahasa Arab. 2. Pengembangan model permainan edukatif dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab berdasarkan uji independensi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol mendapatkan hasil 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:35
Last Modified: 28 Mar 2023 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item View Item