Jauharotunnisa', Firdha (2021) Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Kurikulum Sekolah Di SDN Ploso Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101519006_prabab.pdf Download (290kB) |
|
Text
92101519006_bab1.pdf Download (619kB) |
|
Text
92101519006_bab2.pdf Download (847kB) |
|
Text
92101519006_bab3.pdf Download (422kB) |
|
Text
92101519006_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
Text
92101519006_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
92101519006_bab6.pdf Download (220kB) |
|
Text
92101519006_daftarpustaka.pdf Download (124kB) |
Abstract
ABSTRAK Firdha Juharotunnisa’, 2021, Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Kurikulum Sekolah di SDN Ploso Jombang, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing I: Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag. 2. Dr. H. Muniron, M. Ag. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah, sekolah Saat ini lembaga pendidikan harus mampu menyiapkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar menjadi manusia yang baik dan berkualitas. Pendidikan diniyah formal bertujuan untuk membentuk peserta didik yang dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam/menjadi ahli ilmu agama Islam yang berwawasan luas serta menjadi masyarakat yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Di SDN Ploso Jombang merupakan salah satu sekolah jenjang umum tingkat dasar yang menerapkan kurikulum madrasah diniyah dengan menggunakan literatur kitab kuning berbasis pesantren. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan kurikulum madin dalam kurikulum sekolah, (2), Pelaksanaan kurikulum madin dalam kurikulum sekolah , (3) Evaluasi kurikulum madrasah dalam kurikulum sekolah di SDN Ploso Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini antara lain: hasil observasi, wawancara terstruktur dari kepala sekolah, guru madin dan perwakilan guru. Dokumentasi kurikulum madin, rpp, prota, promes. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, display data dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan kurikulum madrasah diniyah dalam kurikulum sekolah di SDN Ploso Jombang direncanakan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Jombang untuk mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing. Salah satu wujud tekad tersebut adalah dengan melaksanakan pendidikan diniyah di lingkungan sekolah dasar dengan cara memasukkannya dalam kurikulum Sekolah Dasar. (2) Pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah dalam kurikulum sekolah di SDN Ploso Jombang menggunakan literatur kitab kuning diantaranya mabadi fiqih, aqidatul awwam, Syifa’ul jinan, alalaa, ro’sun sirah, birrul walidayaikarim, pegon, iqro’. Dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis pesantren diantaranya membaca, menulis, hafalan, ceramah, tanya jawab, diskusi, praktik. (3) Evaluasi kurikulum madrasah diniyah dalam kurikulum sekolah di SDN Ploso Jombang dengan ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru SDN Ploso Jombang. Dan evaluasi khusus guru madin diadakan se-Kecamatan Ploso yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan evaluasi se-Kabupaten Jombang yang diadakan tiga bulan sekali.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 03:29 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 03:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8009 |
Actions (login required)
View Item |