Implementasi Program Ma’had Dalam Peningkatan Kualitas Keberagamaan Peserta Didik (Studi Kasus Ma’had Al-Haromain Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan)

Rosyadi, Muhamad Iqbal (2021) Implementasi Program Ma’had Dalam Peningkatan Kualitas Keberagamaan Peserta Didik (Studi Kasus Ma’had Al-Haromain Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101217018_prabab.pdf

Download (780kB)
[img] Text
92101217018_bab1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
92101217018_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101217018_bab3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
92101217018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101217018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
92101217018_bab6.pdf

Download (128kB)
[img] Text
92101217018_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
92101217018_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD IQBAL ROSYADI, 2021, Implementasi Program Ma’had Dalam Peningkatan Kualitas Keberagamaan Peserta Didik (Studi Kasus Ma’had Al-Haromain Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan), Pendidikan Agaman Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. H. Fauzan Saleh, M.A, Ph.D. 2. Dr. H. Muniron, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Program, Kualitas Keberagamaan, Ma’had Al-Haromain. Pelaksanaan program kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh Ma’had alHaromain Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan berawal dari rendahnya pengetahuan dan pemahaman keagamaan peserta didik. Di samping sebagai menampung keberadaan peserta didik yang jarak tempuh jauh dari Madrasah. Sehingga Ma’had sebagai tempat belajar agama dan bermukim bagi peserta didik dengan berbagai kegiatan keagamaan memiliki keberagamaan yang baik yang menjadi cirikhas Madrasah. Penelitian ini merujuk ke fokus penelitian, 1) Perencanaan Program yang dikembangkan Ma’had AlHaromain, 2) Pelaksanaan Program Ma’had Al-Haromain, 3) Keberagamaan Peserta Didik Melalui Program Ma’had. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif secara interaktif model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data peneliti: Pengamatan terus-menerus, Pemeriksaaan Sejawat, Triangulasi Hasil penelitian ini Menunjukan 1) perencanaan Program yang dikembangkan Ma’had hal ini meliputi Perencanaan, (Planning), membentuk tim penguru Ma’had, mengagendakan Rapat awal tahun, dan akhir tahun, menyusun agenda Ma’had, menyusun jadwal kegiatan Ma’had dan menentukan penanggung jawabnya. 2) Pelaksanaan Program Ma’had Al-Haromain mulai setelah sholat Maghrib sampai setelah sholat shubuh, yang pelaksanaanya sudah diprogram sesuai jadwalnya meliputi, program keagamaan, Pengajian agama, Seni musik Islami, Sholawat al-banjari, pelajaran kitab kuning, tartil Qur’an, tahfidzul Qur’an, muhadlaroh, pembelajaran bahasa Arab, bimbingan dan praktek ibadah, bahsul masail, 3) Keberagamaan Peserta Didik Melalui Program Ma’had. Terlihat dari kebiasaan Dzikir dan tahlil bersama, sholawatan, kebiasaan sholat berjama’ah, tartil dan khatmil qur’an, kebiasaan cium tangan bersalaman dengan guru, Sowan ketika izin pulang dan datang ke Ma’had, pembentukan Grub sholawat al-banjari yang memiliki rasa kebersamaan dan rasa memiliki yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:16
Last Modified: 24 Mar 2023 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8006

Actions (login required)

View Item View Item