Evaluasi Program Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Dengan Menggunakan Model Center For The Study Of Evaluation- University Of California In Los Angeles (CSE-UCLA) Di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk

Seno, Akbar Aji (2022) Evaluasi Program Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Dengan Menggunakan Model Center For The Study Of Evaluation- University Of California In Los Angeles (CSE-UCLA) Di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20504005_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20504005_bab1.pdf

Download (637kB)
[img] Text
20504005_bab2.pdf

Download (759kB)
[img] Text
20504005_bab3.pdf

Download (851kB)
[img] Text
20504005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20504005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
20504005_bab6.pdf

Download (599kB)
[img] Text
20504005_daftarpustaka.pdf

Download (588kB)
[img] Text
20504005_suratpernyataan.pdf

Download (379kB)

Abstract

AKBAR AJI SENO, 2022, Evaluasi Program Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Menggunakan Model Center For The Study Of Evaluation- University Of California In Los Angeles (CSE-UCLA) Di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : 1. Dr. Muhamad Yasin, S.Ag., M.Ag. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd Kata Kunci : Evaluasi Program, Model CSE-UCLA, Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SMA Bina Insan Mandiri Evaluasi program merupakan salah satu tahapan menajemen yang sangat penting. Melalui evaluasi observer bisa mengetahui kekurangan dalam pelaksanaan suatu program untuk kemudian diberikan perbaikan. Pada pelaksanaan evaluasi program hendaknya menggunakan model evaluasi agar hasilnya lebih valid dan komprehensif. Center For The Study Of Evaluation-University Of California In Los Angeles atau sering disebut dengan Model CSE-UCLA, merupakan salah satu model evaluasi yang umum digunakan untuk mengevaluasi program pendidikan. SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan berbagai macam program, salah satunya yaitu program masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Akan tetapi program masuk PTN ini belum pernah dievaluasi mengggunakan model evaluasi. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi program masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk menggunakan model Center For The Study Of Evaluation-University Of California In Los Angeles (CSE-UCLA). Adapun fokus penelitian ini yaitu bagaimana sistem penilaian, perencanaan program, pelaksanaan program, perbaikan program dan sertifikasi program sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilaksanakan di SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk pada bulan Juli 2022–Oktober 2022. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model dari Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, 1) Evaluasi pada penilaian sistem/sistem assesment menemukan kondisi dimana peserta belum memahami visi dan misi program sehingga direkomendasikan agar sekolah melakukan upaya yang lebih masif di dalam memahamkan dan menginternalisasi visi dan misi pada para peserta didik. 2) Evaluasi dimensi perencanaan program /ProgramaPlanning menunjukkan hasil temuan dimana para peserta belum mengetahui struktur organisasi program sehingga direkomendasikan agar sekolah melakukan sosialisasi struktur organisasi program kepada peserta. 3) Evaluasi dimensi pelaksanaan program/ program implementation hasilnya baik karena sudah melaksanakan dua indikator yaitu melaksanakan sosialisasi program dan melaksanakan kegiatan seperti apa yang sudah direncanakan. 4) Evaluasi dimensi perbaikan program/program improvement menunjukkan hasil yang baik karena sudah melaksanakan tiga indikator perbaikan program yaitu meningkatkan kompetensi pendidik, mengembangkan cara pembelajaran dan melakukan kerjasama. 5). Evaluasi dimensi sertifikat program /programacertification menemukan kondisi dimana lembaga tidak memberikan jaminan/ asuransi kepada peserta yang mengikuti program untuk bisa masuk ke PTN yang diinginkan sehingga direkomendasikan agar sekolah memberikan jaminan berupa terwujudnya pelaksanaan program PTN yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akbar Aji Seno
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:19
Last Modified: 21 Mar 2023 07:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item