Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMA Negeri 7 Kota Kediri

Husro, Khalida Ima (2021) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMA Negeri 7 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932402617_prabab.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932402617_bab1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932402617_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932402617_bab3.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932402617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
932402617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
932402617_bab6.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932402617_daftarpustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932402617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KHALIDA IMA HUSRO: 932402617, Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMAN 7 Kota Kediri, Dosen Pembimbing I, Dr. MUAWANAH, M.Pd. Pembimbing II, ADDIN ARSYADANA, M.Pd.I. : Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci : Manajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada SMAN 7 Kota Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan zaman yang sangat pesat. Selain itu lembaga pendidikan ditutut untuk memiliki guru yang berkompeten. Dalam mengatasi tuntutan untuk menghasilkan guru yang berkompeten, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari kepala sekolah untuk mengatasi tuntutan tersebut dengan cara memberikan pembinaan kepada guru supaya mampu memberikan pembelajaran bagi para siswanya. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui : 1) Perencanaan Peningkatan Kompetensi Guru, 2) Pengorganisasian Peningkatan Kompetensi Guru, 3) Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Guru, 4) Evaluasi Peningkatan Kompetensi Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus adalah sebuah eksplorasi dari suatu sistem yang terikat atau suatu kasus/beragam kasus yang dari waktu ke waktu melalui pengumpulan data yang mendalam serta melibatkan berbagai sumber informasi yang kaya dalam suatu konteks. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan memuat gambaran yang sistematis dan aktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pemangatan, ketekunan pengamatan, kepastian, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan peningkatan kompetensi guru, (1) kepala sekolah melakukan perencanaan penentuan tujuan dan menentukan jadwal kegiatan peningkatan kompetensi guru. (2) Selanjutnya kepala sekolah melakukan pengorganisasian dengan cara memberikan motivasi dan pembinaan untuk para guru supaya mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi. (3) Dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi di SMAN 7 Kota Kediri kepala sekolah melaksanakan tiga kegiatan yaitu supervisi, MGMP, dan workshop. (4) Setelah melaksanakan kegiatan peningkatan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:46
Last Modified: 09 Mar 2023 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7910

Actions (login required)

View Item View Item