Perilaku Pengusaha Mainan Dan Aksesoris Serba Seribu Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus Distributor Mainan Dan Aksesoris “Sinar Rejeki” Di Desa Gogorante Kediri)

Abidin, Moch Zaenal (2021) Perilaku Pengusaha Mainan Dan Aksesoris Serba Seribu Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus Distributor Mainan Dan Aksesoris “Sinar Rejeki” Di Desa Gogorante Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931314514_prabab.pdf

Download (883kB)
[img] Text
931314514_bab1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
931314514_bab2.pdf

Download (549kB)
[img] Text
931314514_bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931314514_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
931314514_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
931314514_bab6.pdf

Download (281kB)
[img] Text
931314514_daftarpustaka.pdf

Download (272kB)
[img] Text
931314514_suratpernyataan.pdf

Download (202kB)

Abstract

MOCH. ZAENAL ABIDIN. 931314514. Dosen pembimbing Achmad Munif, SE., MM dan Dr. Sulistyowati, SHI., MEI.: “Perilaku Pengusaha Mainan dan Aksesoris Serba Seribu Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus Distributor Mainan dan Aksesoris ‘Sinar Rejeki’ di Desa Gogorante Kediri)”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021”. Kata Kunci: Perilaku Pengusaha, Sosiologi Ekonomi Islam Perilaku merupakan suatu tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Pengusaha yaitu seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru, dengan menghadapi risiko dan ketidakpastian, dan yang bertujuan untuk mencari laba serta pertumbuhan melalui pengidentifikasian peluang-peluang melalui kombinasi sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.Perilaku pengusaha adalah implementasi atau penerapan dari pandangan atau nilai-nilai yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Sosiologi Ekonomi Islam yaitu sebuah konsep yang dapat dipahami dalam dua arti, yakni: pertama, ekonomi Islam dalam perspektif sosiologi, dan kedua, sosiologi ekonomi dalam perspektif Islam. Maka sosiologi ekonomi Islam dapat dipahami sebagai suatu kajian sosiologis yang mempelajari fenomena ekonomi, yakni gejala-gejala tentang bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan tidak mengesampingkan syari’at Islam. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku pengusaha mainan dan aksesoris serba seribu di distributor mainan dan aksesoris “Sinar Rejeki” Desa Gogorante Kediri? Dan (2) Bagaimana perilaku pengusaha mainan dan aksesoris serba seribu di distributor mainan dan aksesoris “Sinar Rejeki” Desa Gogorante Kediri ditinjau dari sosiologi ekonomi Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai instrumen kunci, serta jenis penelitiannya studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen itu merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data penelitian. Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perilaku pengusaha mainan dan aksesoris “Sinar rejeki” dalam menjalankan usahanya berupaya mungkin menjalankan empat hal sesuai tuntutan Rasulullah SAW ketika berdagang, yakni Shidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah. Akan tetapi dalam kondisi mendesak, pihak distributor “Sinar Rejeki” berbohong ketika ada kasus mainan yang terlepas dari plastik pembungkus. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari misinformasi yang mana dapat menyebabkan pemutusan hubungan kemitraan dengan toko. Dalam menjalankan bisnisnya, distributor “Sinar Rejeki” berupaya menjaga hubungan dengan baik dalam berinteraksi maupun dalam manajerial. Hal ini untuk pihak eksternal (mitra toko) maupun untuk pihak internal (karyawan).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch Zaenal Abidin
Date Deposited: 22 May 2023 04:52
Last Modified: 22 May 2023 04:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item