Pengembangan Media Pembelajaran "Ruang Belajar Online" Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Jagung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri

Dewi, Kharisma Aulia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran "Ruang Belajar Online" Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Jagung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101820008_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101820008_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
92101820008_bab2.pdf

Download (606kB)
[img] Text
92101820008_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
92101820008_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
92101820008_bab5.pdf

Download (319kB)
[img] Text
92101820008_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text
92101820008_suratpernyataan.pdf

Download (269kB)

Abstract

Pandemi membawa banyak dampak bagi semua sektor salah satunya adalah pendidikan. Bahkan hingga masa pasca pandemi sekarang ini kita masih dihadapkan dengan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) yang menyebabkan siswa belum dapat mengikuti pembelajaran secara bersama – sama dan waktu pembelajaran juga dibatasi, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa yang menurun saat pandemi belum dapat diperbaiki. Salah satu solusi dari hal tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran online yang dapat diakses siswa dimanapun dan kapanpun sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Ketika belajar secara mandiri guru bertugas untuk mendampingi agar pengetahuan yang didapatkan siswa sesuai dengan yang diharapkan. Media pembelajaran “Ruang Belajar Online” ini dibuat dengan maksud agar siswa dapat belajar secara mandiri dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang diharapkan. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey, yang memiliki 10 tahapan. Subjek dari peneltian ini terdiri dari validator ahli materi/isi, validator media, validator praktisi pendidikan, dan siswa kelas V SDN Jagung Kecamatan Pagu. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dan menggunakan skala linkert untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini dan menggunakan teknik analisis uji untuk mengetahui efektifitas dari media pembelajaran “Ruang Belajar Online”. Dari penelitian ini diperoleh hasil media pembelajaran “Ruang Belajar Online” dikatakan layak setelah mengalami proses revisi oleh validator ahli materi/isi, validator desain, dan validator praktisi pendidikan, dan dinyatakan efektif melalui analisis uji t dengan hasil signifikan uji t lebih kecil dari 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharisma Aulia Dewi
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:46
Last Modified: 17 Mar 2023 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item