Shofiyah, Shofiyah (2021) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Hidayah Jln. Sunan Kalijogo Dsn. Sembung Ds. Cengkok Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129817_prabab.pdf Download (667kB) |
|
Text
932129817_bab1.pdf Download (403kB) |
|
Text
932129817_bab2.pdf Download (473kB) |
|
Text
932129817_bab3.pdf Download (275kB) |
|
Text
932129817_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
|
Text
932129817_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
932129817_bab6.pdf Download (78kB) |
|
Text
932129817_daftarpustaka.pdf Download (146kB) |
|
Text
932129817_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK SHOFIYAH, Dosen pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd. I dan H. Imam Masrur, M. Th.I : Implememtasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Hidayah Ds. Sembung Dsn Cengkok Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Kemampuan Membaca AlQur’an Kita sebagai umat Islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan standar kompetensi yang telah dikeluarkan oleh mentri Agama RI yang mengharuskan setiap orang Islam untuk selalu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pada saat ini banyak lembaga-lembaga pengkaji Al-Qur’an mencetuskan atau membuat metode pembelajaran Al-Qur’an yang bermacam-macam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apakah faktor pendukung pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi, (2) Bagaimanakah implementasi pembelajaran Al-Qur’an metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Sedangkan tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimanakah faktor pendukung pembelajaran Al-Qur’an metode ummi, (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al-Qur’an metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dengan demikian, penelitian ini, dapat disimpulkan: 1) Bahwa Faktor Pendukung pembelajaran metode Ummi di TPQ adalah terdapat dari 2 faktor yaitu faktor Internal dan Eksternal, Faktor Internal (didalam diri) yaitu Kesehatan Jasmani dan Rohani, Faktor Eksternal (di luar) yaitu Sistem Evaluasi yang banyak dan Metode Ummi adalah metode yang mudah di pahami. 2) Bahwa Implementasi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah sudah mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa , salah satunya dapat dilihat dari proses dan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:15 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7829 |
Actions (login required)
View Item |