Asadullah, M. (2020) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Bilingual Ulul Albab Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127214_prabab.pdf Download (5MB) |
|
Text
932127214_bab1.pdf Download (265kB) |
|
Text
932127214_bab2.pdf Download (424kB) |
|
Text
932127214_bab3.pdf Download (296kB) |
|
Text
932127214_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text
932127214_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
932127214_bab6.pdf Download (247kB) |
|
Text
932127214_daftarpustaka.pdf Download (607kB) |
|
Text
932127214_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK M. ASADULLAH, Dosen Pembimbing MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd.I dan ADDIN ARSYADANA, M.Pd.I : Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk, Pendidikan, Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Untuk pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk. Pernyataan penelitian ini yakni 1)Bagaimana peran guru mata pelajaran Fiqih dalam implementasikan kurikulum 2013 di MA Bilingual Ulul Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk. 2)Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Fiqih di MA Bilingual Ulul Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk. 3)Evaluasi pembelajaran Fiqih dalam implementasikan kurikulum 2013 di MA Bilingual Ulul Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi dalam kurikulum 2013 meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih di MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus dalam penelitian ini kehadiran peneliti bertindak seagai isntrumen sekaligus pengumpulan data. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan data, keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1). Bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat Silabus, RPP, Prota dan Promes yang dikembangka melalui silabus. 2). Guru melakukan pendekatan saintifik dan merangsang siswa dengan lima M yaitu Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan. 3). Hasil evaluasi mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan media pembelajaran seadanya. Akan tetapi ada kendala yang menghambat pelaksanaan Kurikulum 2013 kurangnya LCD Proyektor.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:10 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7826 |
Actions (login required)
View Item |