تطبيق طريقة مجتمع تعلم اللغة لعلاج الخوف بين الطلبة في تعليم القراءة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية في المعهد الإسلامي النور تبينج صلوح العام الدراسي 2020-2021

Rahmania, Fitara (2022) تطبيق طريقة مجتمع تعلم اللغة لعلاج الخوف بين الطلبة في تعليم القراءة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية في المعهد الإسلامي النور تبينج صلوح العام الدراسي 2020-2021. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92300819006_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92300819006_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
92300819006_bab2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
92300819006_bab3.pdf

Download (465kB)
[img] Text
92300819006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
92300819006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
92300819006_bab6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
92300819006_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
92300819006_suratpernyataan.pdf

Download (319kB)

Abstract

Abstrak Fitara, Rahmania. 2019. Penerapan Metode Community Language Learning (CLL) untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Oiroah Kelas X Madrasah Aliyah An-Nur Tebing Suluh Tahun Pelajaran 2020-2021. Tesis, Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing: 1. Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. 2. Dr. Wahidul Anam, M.Ag. ta Kunci: Penerapan, Metode Community Language Learning (CLL). Kecemasan, Pembelajaran Oiroah. Penguasaan terhadap metodologi pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik profesional, selain harus menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan. Sebagai salah satu metode pembelajaran, metode Community Language Leaming (CLL) menerapkan konsep psikoterapi yang dilandasi oleh faktor sikap, emosi, dan motivasi dalam usaha mempelajari bahasa asing. Pembelajaran menurut metode ini dirancang untuk mengurangi kecemasan dalam dan melibatkan seluruh aspek kepribadian yang ada pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode CLL terhadap kemahiran membaca siswa Pondok Pesantren An-Nur Desa Tebing Suluh Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Pada umumnya, kemahiran membaca diajarkan menggunakan metode gawaid dan tarjamah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pembelajaran ini dapat diimplementasikan menggunakan metode lain seperti Comunity Language Leaming yang menduduki peran psikis dalam pengajaran membaca dibandingkan akal (kaidah bahasa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre- exsperimental. Populasi penelitian ini berasal dari kelas X MA An-Nur tahun ajaran 2020-2021, dan adapun sampelnya yaitu kelas X A dan B. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi angket dan tes. Kemudian data di analisis menggunakan !-tes1. Adapun hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Community Language Learning terhadap keterampilan membaca, dimana nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 « 0,05, dan tuang maka dapat disimpulkan bahwa Hb ditolak dan H4 diterima. Dengan demikian, penggunaan metode CLL (Community Language Learning) dalam pembelajaran bahasa arab siswa MA An-Nur kelas X Tahun Ajaran 2020-2021 lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode CLL (Community Language Learning) dan metode ini 9,226 lebih efektif dibandingkan dengan metode gawaid wa tarjamah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitara Rahmania
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:59
Last Modified: 02 Mar 2023 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7820

Actions (login required)

View Item View Item