Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Imam Suhadi Ponggok Blitar

Khusna, Alfina Hidayatul (2022) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Imam Suhadi Ponggok Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932602818_bab6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932602818_bab1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
932602818_bab2.pdf

Download (487kB)
[img] Text
932602818_bab3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932602818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
932602818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
932602818_bab6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932602818_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932602818_suratpernyataan.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Khusna, Alfina Hidayatul. Dosen Pembimbing I Dr. Hj. Mu‟awanah, M. Pd dan Dosen Pembimbing II Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd. I. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Imam Suhadi Ponggok Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2022. Kata Kunci: Peran Guru, Minat Belajar, Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi peran guru di Madrasah Ibtidaiyah sangat besar kontribusinya dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Minat belajar siswa tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas atau mutu proses belajar mengajar di kelas adalah kemampuan guru dalam mengajar. Dengan adanya unsur minat belajar pada diri siswa, maka siswa akan memutuskan perhatiannya pada kegiatan belajar tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar?; 2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar?; dan 3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru sebagai motivator di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar adalah dengan guru memberi semangat, memberi panutan yang baik kepada siswa, dan memberikan motivasi secara langsung pada saat pembelajaran. Adanya motivasi belajar akan membuat siswa semangat dalam belajar dan menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika; 2) Peran guru sebagai fasilitator di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar adalah dengan guru memberikan fasilitas kepada siswa berupa ruang kelas yang nyaman dan dibuat semenarik mungkin, model-model pembelajaran yang bervariasi dan buku pembelajaran, dengan tersedianya fasilitas yang diberikan guru maka proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan tentunya mampu membangun minat belajar siswa pada pelajaran matematika; dan 3) Peran guru sebagai evaluator di MI Imam Suhadi Ponggok Blitar adalah dengan guru mengadakan evaluasi dengan memahami setiap karakteristik peserta didik, memberikan kuis, dan bertanya kepada peserta didik mengenai materi yang diajarkan agar tercapai tujuan pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran matematika yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afina Hidayatul Khusna
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:40
Last Modified: 24 Feb 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7769

Actions (login required)

View Item View Item