Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI Di SDI Bandar Kidul

Safira, Munfia Audina (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI Di SDI Bandar Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120617_prabab.pdf

Download (625kB)
[img] Text
932120617_BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932120617_BAB 2.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932120617_BAB 3.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932120617_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
932120617_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
932120617_BAB 6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932120617_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932120617_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MUNFIA AUDINA SAFIRA. 2021. Evaluasi Pelaksanan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di SDI Bandar Kidul, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran Daring, CIPP (Context, Input, Process, Product) Sebuah pembelajaran akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila suatu proses pembelajarannya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Evaluasi Context pembelajaran daring mata pelajaran PAI, 2) Evaluasi input pembelajaran daring mata pelajaran PAI, 3) Evaluasi Process pembelajaran daring mata pelajaran PAI, 4) Evaluasi Product pembelajaran daring mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) menggunakan teori dari Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah valid kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) Context yakni Sekolah sudah paham terhadap pembelajaran daring. Ligelitas program pembelajaran daring Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19) dan diperkuat oleh Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Tujuan pembelajaran daring agar peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran meskipun di masa pandemi ini. 2) Input yakni SDM sudah sangat mendukung guru yang menjalankan program dan siswa yang melaksanakan program. Sarana dan prasarana sangat mendukung pembelajaran. sumber dana diperoleh dari dana BOS dan kuota internet dari pemerintah. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran adalah kurikulum 2013. 3) Proses persiapan program pembelajaran daring guru menyusun RPP, Silabus, Prota, dan Promes. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan RPP sebagai acuan dalam pembelajaran dan guru menggunakan WhatsApp dalam menyampaikan materi. Hambatan yang sering terjadi yaitu factor eksternal dan internal. 4) Product pelaksanan pembelajaran daring dinilai dari 4 aspek yaitu aspek spiritual, aspek sosial, aspek pengetahuan, dan aspek ketrampilan yang menunjukkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item