Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Sistem Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Gurah Kediri

Fitriyani, Nur Rofiq (2021) Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Sistem Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141416_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932141416_bab1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932141416_bab2.pdf

Download (893kB)
[img] Text
932141416_bab3.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932141416_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932141416_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932141416_bab6.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932141416_daftarpustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932141416_suratpernyataan.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK NUR ROFIQ FITRIYANI, Dosen Pembimbing (1) Ninik Zuroidah, M.Si, pembimbing (2) Eka Sulistyawati, M.Pd, Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Sistem Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Gurah Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Metode Evaluasi Hasil belajar aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui sistem online/ daring. Mengingat evaluasi pada suatu pembelajaran adalah hal yang penting, yakni untuk mengetahui perkembangan siswa setelah memperoleh pengajaran, mengetahui pemahaman siswa, dan juga hasil evaluasi dapat digunakan untuk kepentingan siswa pada jenjang berikutnya. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunikan dari pelaksanaan evaluasi yang dilaksanakan oleh guru PAI di SMAN 1 Gurah selama pembelajaran jarak jauh/ daring atau online. Baik itu penilaian aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 1 Gurah Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi baik pada aspek kognitif, afektif, maupun pada aspek psikomotorik tetap dilaksanakan secara online. Metode evaluasi untuk aspek kognitif mempunyai berbagai bentuk, yakni untuk tugas harian siswa mengunggah hasil pekerjaan yang difoto dalam akun edmodo, sedangkan untuk penilaian UTS dan UAS dilaksanakan oleh panitia sekolah mengggunakan google foam atau Link. Untuk penilaian afektifnya menggunakan dua cara yaitu dengan pengisian angket kejujuran oleh siswa, dan dengan cara yang ke 2 yakni melalui observasi oleh guru. Metode penilaian perkembangan siswa pada aspek psikomotorik dilaksanakan dengan cara siswa harus membuat video tadarus yang kemudia harus diupload dalam akun edmodo bersama tugas harian

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rofiq Fitriyani
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:32
Last Modified: 17 Feb 2023 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item