Haq, Adinda Zaimatul (2018) استخدام الرسوم المتحركة تستند موقع GoAnimate فى تعليم لكلام لطلاب الفصل العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ۱ كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500514-prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932500514-bab1.pdf Download (659kB) |
|
Text
932500514-bab2.pdf Download (493kB) |
|
Text
932500514-bab2-2.pdf Download (841kB) |
|
Text
932500514-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
Text
932500514-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932500514-bab5.pdf Download (368kB) |
|
Text
932500514-daftar pustaka.pdf Download (593kB) |
|
Text
932500514-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Judul : Penggunaan Animasi Berbasis WEB. GoAnimate dalam Pembelajaran Kalam untuk Kelas X di MAN 1 Kota Kediri : Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya kemajuan teknologi sehingga memudahkan pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, diharapkan adanya sebuah media pembelajaran sebagai solusi problematika siswa dalam pembelajaran kalam. Problematika yang dihadapi siswa MAN 1 Kota Kediri diantaranya sulitnya menghafal mufrodat, menyusun kalimat, dan memahami materi kalam yang disampaikan. Salah satu media yang sesuai dalam pembelajaran kalam sebagai solusi problematika tersebut adalah media animasi. Terdapat sebuah WEB. aplikasi yang mudah dioperasikan, yaitu WEB. GoAnimate. Maka peneliti ingin mengembangkan media animasi berbasis WEB. GoAnimate dalam pembelajaran kalam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian bertujuan: (1) mengembangkan media animasi dalam pembelajaran kalam. (2) meningkatkan efektifitas penggunaan media animasi berbasis WEB. GoAnimate dalam pembelajaran kalam. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan metode RnD (Research and Development). Merujuk pada teori Sugiyono, maka peneliti melaksanakan sembilan langkah dalam penelitian pengembangan ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan produk berupa video animasi berdurasi pendek yang berisi mengenai percakapanpercakapan sesuai materi kalam dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah. Adapun hasil validasi para ahli untuk menilai produk tersebut sebagai berikut: hasil dari ahli materi kalam memperoleh nilai 100%, hasil dari ahli media pembelajaran memperoleh nilai 92%, dan hasil dari praktisi pembelajaran bahasa Arab 91,1%. Berdasarkan peparan data tersebut maka disimpulkan media animasi WEB. GoAnimate sangat baik untuk pembelajaran kalam. (2) hasil Uji-T, hasil t-hitung antara nilai pretest dan post test pertama sebesar 6,19677, hasil t-hitung antara nilai pretest dan post test kedua sebesar 9,147781. hasil t-hitung antara nilai post test pertama dan post test kedua sebesar 3,048189. Sedangkan hasil t-tabel sebesar 2,03693. Maka dapat disimpulkan thitung > t-tabel, maka Ho ditolak dan HA diterima. Berdasarkan paparan data tersebut maka dapat dikatakan media animasi WEB. GoAnimate efektif untuk pembelajaran kalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 00:47 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 00:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/768 |
Actions (login required)
View Item |