Keefektifan Metode Penugasan Dan Pemanfaatan Media Snake And Ladder Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Siswa MTsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2021/2022)

Erlita, Fifin (2022) Keefektifan Metode Penugasan Dan Pemanfaatan Media Snake And Ladder Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Siswa MTsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104217_prabab.pdf

Download (728kB)
[img] Text
932104217_bab1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932104217_bab2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932104217_bab3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932104217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
932104217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
932104217_bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932104217_daftar_pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932104217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932104217_Suratpernyataan.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan; (1) Hasil belajar Akidah Akhlak pada kelas VII B dengan menggunakan Metode Penugasan; (2) Hasil belajar Akidah Akhlak pada kelas VII C dengan menggunakan media Snake and Ladder; dan (3) perbedaan antara keefektifan Metode Penugasan dan Pemanfaatan Snake and Ladder terhadapa Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Siswa MtsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2022/20223). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group, Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan 8 kelas jumlah seluruh 332 siswa dan diambil sampel dengan menggunakan porposive sampling yaitu 122 siswa pada kelas VII A berjumlah 40 siswa dan kelas VII B berjumlah 40 siswa (Kelas Eksperimen) dan kelas VII C (Kelas Kontrol) berjumlah 42 siswa. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif dengan n-Gain memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen dengan metode penugasa. Nilai tertinggi adalah 0,78, sedangkan nilai terendah adalah 0,17. Rentang antara skor tertinggi dan terendah adalah 0,61. Selanjutnya hasil dari kelompok eksperimen media snake and ladder. Nilai tertinggi adalah 0,77, sedangkan nilai terendah adalah 0,17. Rentang antara nilai skor tertinggi dan terendah adalah 0,60. Sedangkan dari kelompok kontrol yaitu nilai tertinggi adalah 0,72 dan nilai terendah adalah 0,00. Rentang antara nilai tertinngi adan teredah adalah 0.72. Setelah dilakukan pengujian statistik Uji-t menggunakan bantuan SPSS versi 25.0. hasil dari penelitian ini adalah 1) ssetelah dilakukan analisis uji-t pada metode penugasan diperoleh nilai signifikan sebesa 0,126 > 0,05. 2) Selanjutnya pada media snake and ladder diperoleh nilai signifikan sebesar 0,151 > 0,05. 3) nilai rata-rata pada metode penugasan sebesar 0,4992. Sedangkan nilai rata-rata pada media snake and ladder sebesar 0,5700. Pada nilai signifikan adalah 0,154 > 0,05. Hal tersebut menjadi perbedaan pada nilai rat-rata kelompok eksperimen, jadi dapat disimpulkan bahwa metode penugasan mempunyai tingkat keefektifan lebih rendah dari pada media snake and ladder.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fifin Erlita
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:16
Last Modified: 13 Feb 2023 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item