Peran Promosi Online Shop Instagram Dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare Di Kdkoreanmask Kediri

Abdatillah, Afifah (2022) Peran Promosi Online Shop Instagram Dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare Di Kdkoreanmask Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931314818_prabab.pdf

Download (815kB)
[img] Text
931314818_bab1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
931314818_bab2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
931314818_bab3.pdf

Download (132kB)
[img] Text
931314818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931314818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
931314818_bab6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
931314818_daftarpustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
931314818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931314818_suratpernyataan.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Afifah Abdatillah. 2022. “Peran Promosi Online Shop Instagram Dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare Di kdkoreanmask Kediri”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Progam Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing I Sri Anugrah Natalina, SE. MM dan Dosen Pembimbing II Ulfi Dina Hamida, M.Pd. Kata Kunci: Promosi, Online Shop, Instagram, Minat Beli. Melihat banyaknya usaha online shop yang kini memakai media sosial instagram dalam promosinya, pemilik bisnis dituntut untuk meluaskan promosi yang sebelumnya masih terbatas agar menjadi lebih luas. Dalam konteks ini, diperlukan beberapa cara promosi yang mampu membantu penyebaran pengenalan produknya di kalangan luas. Maka menjadi tantangan pemilik online shop kdkoreanmask untuk lebih mengenalkan produknya dalam menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran Promosi Online Shop Instagram Dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare Di kdkoreanmask Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber primer yang didapat melalui pemilik, pegawai serta konsumen sekaligus pengikut akun online shop kdkoreanmask. Sumber sekunder didapat melalui buku, jurnal maupun dokumentasi perusahaan. Observasi, dokumentasi, wawancara tipe semi terstruktur digunakan dalam pengumpulan data. Tahap-tahap penelitian terdiri atas pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, promosi online shop instagram produk skincare di kdkoreanmask menggunakan bauran promosi atau promotional mix yaitu a) Periklanan, menggunakan instagram ads meningkatkan pengenalan produk skincarenya karena audiens yang dijangkau lebih luas. b) Promosi penjualan, yaitu dengan membuat postingan yang menawarkan produk skincarenya dengan memberi diskripsi adanya free produk. c) Penjualan personal, owner kdkoreanmask memiliki respon yang sangat baik kepada konsumennya. Tawaran hingga saran yang responsif diberikan membuat pelanggan merasa didengar dan dihargai. d) Pemasaran langsung, dalam pemasaran langsung ini adalah menggunakan jasa endorse dan unggahan feed pada instagram yang selarasa seperti halnya catalog online. e) Hubungan masyarakat dan publisitas, bergabung dengan grup yang berisikan pameran toko-toko online beserta para konsumen. Kedua, peran promosi online shop instagram produk skincare di kdkoreanmask dapat menarik minat beli pelanggan. Hal tersebut diperkuat dengan perolehan data pengunjung instagram kdkoreanmask pada tahun 2020 berjumlah 1540 pengunjung, dan sebanyak 1219 pengunjung melakukan pembelian pada produk skincare. Sedangkan pengunjung instagram pada tahun 2021 sebanyak 1840 pengunjung, terhitung 1585 pengunjung yang melakukan pembelian pada produk skincare. Berdasarkan data penjualan yang diperoleh dari tahun 2020 senilai 43.067.600 ke tahun 2021 senilai 61.672.000 atau terjadi kenaikan dalam satu tahun sebanyak 43,2% dengan rata-rata penjualan per bulan sebanyak 3.500.000 pada tahun 2020, dan rata-rata penjualan per bulan sebanyak 5.150.000 pada tahun 2021. Dan hasil interview menjelaskan adanya ketertarikan mengetahui informasi produk saat pelanggan melihat postingan feed, story maupun reels kdkoreanmask, adanya pertimbangan dari pelanggan untuk membeli hingga mencoba produk setelah melihat deskripsi kegunaan skincare, sampai 88 pada membeli produk secara berkala dan memiliki kepercayaan kepada kdkoreanmask hingga mereferensikan pada pelanggan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Afifah Abdatillah
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:32
Last Modified: 08 Mar 2023 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item