Sistem Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Pembelajaran Santri: Studi Kasus Di PP Al-Aqobah Diwek Jombang

Rahman, Diki (2020) Sistem Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Pembelajaran Santri: Studi Kasus Di PP Al-Aqobah Diwek Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101318006_prabab.pdf

Download (206kB)
[img] Text
92101318006_bab1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
92101318006_bab2.pdf

Download (387kB)
[img] Text
92101318006_bab3.pdf

Download (67kB)
[img] Text
92101318006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
92101318006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
92101318006_bab6.pdf

Download (38kB)
[img] Text
92101318006_suratpernyataan.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK DIKI RAHMAN, (1) Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag, (2) Dr. Hj. Munifah, M.Pdi, Sistem Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Aqobah Kwaron Jombang), Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.2020. Kata Kunci: Minat Belajar Santri, Sistem Pembelajaran Berbasis Digital Melihat teknologi dengan perkembanganya, telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, mengalami perubahan dengan begitu cepat. Mampu mempengaruhi segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia, tidak hanya pada dunia kerja atau hubungan sosial antar sesama, tapi dunia pendidikan juga demikian sama, kini turut bersaing menjadi lebih baik, dengan memanfaatkan media teknologi sebagai solusi yang tepat untuk menyelesaikan dan mengatasi segala problematika yang dihadapi. Mengetahui hal semacam ini seharusnya dunia pesantren sepatutnya turut memperhatikan, karena adanya pembelajaran berbasis digital di pesantren masih sangat minim diterapkan, disebabkan sebagian peantren masih cenderung dengan kekhawatiran yang akan mempengaruhi seorang santri, sehingga hanya beberapa pesantren saja yang berani mengambil langkah lebih maju demi masa depan santri, agar tidak tertinggal dengan pendidikan formal lainnya, yang mana memilih media teknologi sebagai alat untuk membantu agar proses pembelajaran peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini merujuk kebeberapa fokus penelitian, pertama tentang apa yang menjadi keunggulan sistem pembelajaran berbasis digital di pondok pesantren al- aqobah, kedua bagaimana implementasi pembelajaran berbasis digital di pondok pesantren al-aqobah, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dengan tujuan mampu menemukan teori-teori baru dalam mengembangkan proses pembelajaran santri melalui literasi digital teknologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam pelaksanaan sistem pembelajaran berbasis digital di podok pesantren. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” penerapan sistem pembelajaran berbasis digital di pondok pesantren dan keunggulan dari literasi digital itu sendiri, dengan meliputi kondisi kontekstual yang relevan dengan fenomenanya. Secara teoritik tesis ini menghadirkan sebuah temuan tentang hasil penelitian bahwa diterapkannya sistem pembelajaran berbasis digital di pesantren adalah untuk menjadikan proses belajar mengajar santri menjadi lebih kondusif dan efesien. Dengan media digital santri akan bebas berkrasi sesuai bakat dan minat masing-masing melalui media sosial, serta membiasakan santri mengunakan media digital memberikan dampak positif terhadap perkembangan pengetahuan mereka. sedangkan implikasi praktis yang ditemukan dalam penelitian ini adalah masukan bagi pembelajaran di pesantren bahwa system pembelajaran berbasis digital seharusnya layak untuk diterapkan dalam setiap proses belajar mengajar di lembaga pesantren manapun melalui pembiasaan menggunakan media digital, sehingga dengan hal tersebut menjadikan belajar mengajar mudah diterimah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Diki Rahmawan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:45
Last Modified: 03 Feb 2023 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7628

Actions (login required)

View Item View Item