Viani, Devi Putri Okta (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Tema 8 Subtema 2 Kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610018_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932610018_bab1.pdf Download (271kB) |
|
Text
932610018_bab2.pdf Download (185kB) |
|
Text
932610018_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
932610018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932610018_bab5.pdf Download (129kB) |
|
Text
932610018_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
Abstract
ABSTRAK Viani, Devi Putri Okta. Dosen pembimbing Dewi Agus Triani, M.Pd.I dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Tema 8 Subtema 2 Kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin Kediri. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2018. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri, Berpikir Kritis, Tematik. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman konsep materi pada Tematik peserta didik kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin. Pada pembelajaran Tematik masih menghafal materi tanpa memahami konsep sehingga tidak dapat mengingat materi dalam jangka panjang. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat memahami konsep suatu pembelajaran khususnya Tematik. Tujuan penelitian ini meliputi(1) Mengetahui hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada Tema 8 Subtema 2 Kelas V. (2) Menghasilkan LKPD Tematik berbasis inkuiri pada kelas V semester 2 yang layak digunakan dalam pembelajaran, (3) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui pengembangan LKPD berbasis inkuiri pada Tema 8 Subtema 2 Kelas V. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang meliputi tahap pemilihan sekolah, potensi dan masalah, pengumpulan data, penyusunan produk LKPD, uji validasi ahli, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi akhir produk. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: (1) Produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri mata pelajaran Tematik Tema 8 Subtema 2 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SD/MI kelas V berdasarkan pada peningkatan dari penerapan soal pretest dengan rata-rata nilai 57,85 meningkat pada posttest dengan rata-rata nilai 87,42; (2) Produk LKPD berbasis inkuiri yang dihasilkan layak diterapkan pada peserta didik kelas V berdasarkan validasi ahli media dengan persentase 90,4% serta validasi ahli materi 86,7% dengan kriteria “sangat valid”. (3) Produk pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri menarik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik dengan persentase kemenarikan sebanyak 88%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Devi Putri Okta Viani |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 06:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 06:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7622 |
Actions (login required)
View Item |