Kiptiyah, Kiptiyah (2014) تطبيق مداخل التعليم والتعلّم السّياقى (Contekstual Teaching & Learning) بطريقة السّؤال لترقية قدرة الطّلاب فى مهارة الكلام بمدرسة الثّانوية الإسلامية الحكومية فرمبون عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502110 prabab.pdf Download (563kB) |
|
Text
932502110 BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
932502110 BAB 2.pdf Download (469kB) |
|
Text
932502110 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
932502110 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
Text
932502110 BAB 5.pdf Download (156kB) |
|
Text
932502110 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Para pendidik Menyadari pentingnya kualitas pendidikan, maka lembaga pendidikan dan seluruh tenaga edukatifnya senantiasa dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan serta memotivasi siswa dalam belajar sehingga tujuan belajar dapat dicapai secara optimal. Oleh karenanya dibutuhkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa agar mereka mudah untuk memahami materi pembelajaran sehingga mereka mampu berbicara bahasa arab tanpa malu dengan ini diterapkan pendekatan CTL dengan metode bertanya untuk memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan Pendekatan CTL dengan metode bertanya pada kelas X-B di MAN Prambon Ngajuk? (2) Apakah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan maharah kalam pada kelas X-B di Man Prambon Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas dengan jenis kolaborasi) dengan subjek penelitian kelas XB di MAN Prambn Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan jenis deskriptif dan kuantitatif dengan jenis prosentase untuk mencari nilai prosentasenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan CTL dengan metode bertanya mampu meningkatkan maharah kalam dan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini bisa dilihat dari hasil data penelitian pada siklus I siswa yag mendapat nilai bagus berjumlah 14 siswa dan yang kurang bagus nilainya berjumlah 12 siswa. Dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai bagus berjumlah 23 siswa dan yang kurag bagus nilainya berjumlah 3 siswa. Maka pada siklus 1 siswa meningkat 46,15% sedangkan pada siklus II meningkat lagi 88,46%. Dengan ini dapat dikatakan bahwa dengan pendekatan CTl dengan metode bertanya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam dan pemahaman siswa dalam bahasa arab hal itu dapat dilihat dari nilai siswa yang didapat pada siklus I dan siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:38 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 04:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7621 |
Actions (login required)
View Item |