Erragi, Samia (2022) Penanaman Akhlak Pada Anak Tunagrahita Di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122018_prabab.pdf Download (748kB) |
|
Text
932122018_bab1.pdf Download (321kB) |
|
Text
932122018_bab3.pdf Download (358kB) |
|
Text
932122018_bab2.pdf Download (352kB) |
|
Text
932122018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
932122018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
Text
932122018_bab6.pdf Download (195kB) |
|
Text
932122018_daftarpustaka.pdf Download (403kB) |
Abstract
ABSTRAK SAMIA ERRAGI, Dosen Pembimbing Dr. ISKANDAR TSANI, M.Ag dan SUFIRMANSYAH, M.Pd.I : Model Penanaman AKhlak Pada Anak Tunagrahita di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah IAIN Kediri, 2022 Kata Kunci : Penanaman AKhlak, Upaya Strategis, Hambatan Akhlak merupakan sifat yang tertanam dalam jiwa manusia, sehingga dia akan muncul secara spontan tanpa memerlukan pemikiran. Penanaman akhlak yang baik sangatlah penting untuk ditanamkan dalam diri siswa sejak dini agar siswa menjadi terbiasa melakukan perbuatanperbuatan baik. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana model penanaman akhlak siswa di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih, 2) Apa saja hambatan-hambatan yang terjadi pada proses penanaman akhlak, 3) Bagaimana upaya strategis dari guru dalam penanaman akhlak di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif, dan lokasi penelitian ini di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Adapun data yang didapatkan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran secara sistematis dan factual dan analisisnya dilakukan melalui tiga cara, diantaranya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) model penanaman akhlak pada anak tunagrahita di SMPLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembiasaan, 2) hambatan-hambatan yang terjadi pada proses penanaman akhlak diantaranya IQ dibawah rata-rata sehingga sulit untuk dikondisikan. 3) Upaya strategi yang dilaksanakan oleh guru dalam penanaman akhlak pada anak tunagrahita adalah dengan memberikan keteladanan yang baik
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Samia Erragi |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 06:23 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 06:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7566 |
Actions (login required)
View Item |