Dampak Pola Asuh Permisif Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Era Digital (Studi Kasus : TK Darma Wanita Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri)

Ni'mah, Khoirun (2023) Dampak Pola Asuh Permisif Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Era Digital (Studi Kasus : TK Darma Wanita Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
933405716_Prabab.docx

Download (1MB)
[img] Text
933405716_BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
933405716_BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
933405716_BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
933405716_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
933405716_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
933405716_BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
933405716_DaftarPustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

KHOIRUN NI’MAH, 2022. Pola Asuh Permisif pada Perkembangan Sosial Emosional Anak usia 5-6 Tahun di Era Digital (Studi kasus : TK Darma Wanita Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag dan pembimbing (2) Shofi Mirwani, M.Psi, Psikolog. Kata Kunci : Pola Asuh Permisif, Perkembangan Sosial Emosional, Era Digital. Usia 0-6 tahun adalah usia yang paling utama untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. Salah satu aspek yang dibutuhkan anak dalam proses perkembangannya adalah aspek sosial emosional anak. Aspek sosial emosional diperlukan anak untuk mengontrol dan mengendalikan emosi agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sedangkan di era sekarang ini banyak anak yang mengenal dan menggunakan perangkat digital berupa gadget. Gadget memiliki dampak positif juga negatif bagi anak apalagi ketika kurang adanya kontrol dari orangtua atau biasa disebut dengan pola asuh permisif yang akan memperbesar dampak negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun diera digital dengan pola asuh permisif di TK Darma Wanita Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri serta dampak yang disebabkan oleh pola asuh permisif terhadap sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitai ini menggunakan 5 anak beserta orang tuanya dengan kriteria: (1) Anak sudah menggunakan gadget (2) Orang tua yang mengunakan pola asuh permisif (3) Orangtua yang berkerja. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) perkembangan sosial emosional anak berkembang dengan baik namun belum maksimal, pendampingan masih dibutuhkan oleh anak untuk melakukan kebiasaan yang baik. (2) dampak – dampak dari pola asuh permisif terhadap sosial emosional anak adalah anak memiliki sikap impulsif dan agresif, anak tidak patuh terhadap orangtua, anak menjadi kurang mandiri, dan anak kurang mampu mengontrol diri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Khoirun Ni'mah
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:11
Last Modified: 20 Jan 2023 06:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item View Item