Febyana, Mita Eka (2022) Efektivitas Metode An-Nahdliyah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur'an di SMP ISLAM Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108418_ PRABAB.pdf Download (782kB) |
|
Text
932108418_ BAB I.pdf Download (601kB) |
|
Text
932108418_ BAB II.pdf Download (546kB) |
|
Text
932108418_BAB III.pdf Download (321kB) |
|
Text
932108418_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
|
Text
932108418_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
Text
932108418_BAB VI.pdf Download (289kB) |
|
Text
932108418_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan sabda Allah SWT yang menjadi pedoman bagi umat manusia supaya selamat dunia dan akhirat. Allah SWT menurunkan kitab-Nya yang kekal Al-Qur’an agar dibaca oleh lidah-lidah manusia, didengarkan oleh telinga mereka dan menjadi ketenangan bagi hati mereka. Ada banyak metode dalam membaca Al-Qur’an salah satunya yaitu metode An-Nahdliyah. Metode An-Nahdliyah merupakan metode cepat tanggap belajar Al-Qur’an yang dikemas secara berjenjang satu sampai enam jilid. Cara belajar dengan menggunakan hitungan stik secara berirama. Dalam metode An-Nahdliyah dianggap mampu memberikan solusi bagi murid yang mengalami kesulitan dalam membaca AlQur’an karena dalam proses pembelajaran menggunakan ketukan. Fokus penelitian ini: Bagaimana proses pembelajaran metode An-Nahdliyah dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kepung?2.Bagaimana tingkat keberhasilan metode An-Nahdliyah dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kepung?3.Apa hambatan dalam metode An–Nahdliyah untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kepung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan penelitian dan hasil dari pedoma wawancara bersama kepala SMP ISLAM Kepung, dan para guru-guru SMP Islam Kepung. Teknik analisa menggunkan pengumpulan data, pengelolaan data, mendeskripsikan dan yang terakhir adalah penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Proses pembelajaran metode An-Nahdliyah dalam mengatasi kesulitan beljar membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kepung, diawali dengan membaca do’a qalamun dan al-fatihah kemudian dilanjutkan metode klasikal setelah selesai dilanutkan metode privat. 2.Tingkat keberhasilan metode An-Nahdliyah dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kepung yaitu siswa mampu menghafal surah-surah yang ada didalam juz 30 dan lulusan di SMP tersebut mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan menerapkan tajwid dengan benar. 3. Hambatan dalam metode An-nahdliyah di SMP Islam Kepung yaitu dari faktor internal adalah buta huruf hijaiyah, melafalkan makhorijul huruf, belum mengusai ilmu tajwid, dari fakto eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mita Eka Febyana |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 08:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7539 |
Actions (login required)
View Item |